Bersama Buruh Palembang, Rekan Indonesia Sumsel Ikut Peringati May Day - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Bersama Buruh Palembang, Rekan Indonesia Sumsel Ikut Peringati May Day

Peristiwa
bersama buruh palembang rekan indonesia sumsel ikut peringati may day
Aksi May Day Di Palembang

MEGAPOLITANPOS.COM. PALEMBANG.
Peringatan hari buruh internasional 1 Mei 2019 di gelar oleh Gerakan Solidaritas Mahasiswa Buruh Indonesia (GSMBI) Sumsel yang merupakan gabungan dari Federasi Buruh Indonesia (FBI), LMND, DEMA Universitas Tridinanti, DEMA UIN RF, Rekan Indonesia, aktivis seni, aktivis lingkungan, aktivis perempuan dan sopir angkot.
Ratusan buruh melakukan konvoi mulai pukul 08.00 WIB dari simpang bandara SMB II sampai ke simpang lima DPRD Sumsel sekitar pukul 09.00 WIB.

Mereka berasal dari perusahaan yang ada di Palembang, Banyuasin, Muba, Muara Enim. Sampai di simpang lima mereka menyusun barisan, membentangkan spanduk tuntutan dan melakukan orasi-orasi.

Saat para buruh menggelar orasi, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mendatangi pengunjuk rasa. Kedatangan Kapolda ini segera disambut oleh para buruh dengan meminta Kapolda untuk memotong tumpeng yang telah mereka sediakan serta berdoa bersama sebagai bentuk rasa syukur dalam memperingati May Day 2019.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengucapkan Selamat Hari Buruh dan mendukung apa yang menjadi tuntutan para buruh dapat menjadi perhatian negara dan para pengusaha yang ada di Sumatera Selatan, serta berharap aksi buruh dapat berjalan dengan tertib lancar dan aman.

“Teman-temanku sekalian dari Federasi Buruh Indonesia, kita saat ini, kita disini, dalam kaitannya kita, dalam rangka memperingati hari buruh internasional maupun hari buruh Indonesia. Kita berkumpul tiada lain agar negara tentu saja para pengusaha memperhatikan nasib kita dengan sebaik-baiknya,” ungkap Zulkarnain.

Selain Kapolda hadir juga Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah, perwakilan dari TNI Suyamto.

Miftahul Firdaus, ketua Rekan Indonesia Sumsel yang akrab dipanggil Avir, mengatakan keikutsertaan Rekan Indonesia dalam may day sebagai bentuk solidaritas kepada kaum buruh yang mengalami penindasan berlapis mulai di tempat kerja sampai dilingkungan rumah ketika jatuh sakit masih mengalami penindasan oleh RS yang masih mempersulit ketika harus mencari kamar rawat inap atau fasilitas kesehatan khusus seperti ICU, ICCU, dan alin lain.

"Rekan Indonesia Sumsel berupaya mengisi irisan dari buruh ketika diluar jam kerja yaitu dilingkungan tempat tinggal mereka" ujar Avir.

Avir juga mengatakan bahwa Rekan Indonesia ikut mendukung tuntutan buruh yang tengah berjuang merevisiPP 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan,Tolak Pekerja Anak dan Human Trafficking, danPerlindungan Buruh Perempuan dari Exploitasi Kerja dan Seksual.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top