Pokjana Jumantik Kota Tangsel : Nyamuk DBD Adalah Nyamuk Yang Cerdas - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Pokjana Jumantik Kota Tangsel : Nyamuk DBD Adalah Nyamuk Yang Cerdas

Kesehatan
pokjana jumantik kota tangsel nyamuk dbd adalah nyamuk yang cerdas
Dialog Publik Yang Digelar Rekan Indonesia Tamgsel

MEGAPOLITANPOS.COM. TANGSEL. Demam Berdarah (DB) adalah momok menakutkan yang datang setiap tahun saat musim penghujan datang, wabah penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aides setiap tahunnya selalu menimbulkan jatuh korban dan hampir tidak pernah dapat diprediksi terhadap jumlah korban yang menderita DB.

Penyebab utama tidak dapat diprediksinya jumlah penderita DB adalah faktor lingkungan tempat tinggal warga dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya agar bisa bebas dari tempat berkembangbiaknya nyamuk aides tersebut. Untuk itu perlu kesadaran peran serta warga dalam menekan angka DB ini dengan cara menjadi jumantik untuk dirinya sendiri di rumahnya masing masing.

Hal tersebut dikatakan oleh ketua Kelompok Kerja Nasional Juru Pemantau Jentik (Pokjana Jumantik) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Subekti dalam acara dialog publik tentang penanganan dan penanggulangan DB yang digelar oleh Rekan Indonesia Kota Tangsel pada hari ini (28/4) di Pamulang Barat.

Menurut Subekti, menjadi jumantik untuk diri sendiri itu adalah hal yang efektif dalam memutus mata rantai siklus perkembangan nyamuk aides dengan membunuh jentik sehingga tidak menjadi nyamuk dewasa yang siap menerror keselematan jiwa manusia yang digigitnya.

"Cukup 1 minggu sekali, dan hanya 10 menit untuk memeriksa dan memastikan rumahnya tidak terdapat jentik nyamuk" ujar Subekti.

Menurut Subekti, dengan menjadi jumantik mandiri untuk rumahnya sendiri dan dilakukan secara masif oleh semua warga di rumahnya masing masing maka akan semakin efektif menekan angka DB dan bisa menuju kepada daerah bebas jentik.

"Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M Plus adalah cara paking efektif memutus mata rantai siklus perkembangan jentik menjadi nyamuk dewasa, dibandingkan dengan fogging" jelas Subekti.

Ketidakefektifan fogging, masih menurut Subekti adalah karena fogging harus dilakukan sesuai dengan SOP fogging yang standar misalnya jam dilakukan fogging harus sesuai dengan jam sebelum nyamuk aides terbang dari sarangnya. Belum lagi bahaya dari racun yang ditinggalkan daribobat fogging yang bisa membuat tubuh manusia terkena penyakit.

Nyamuk Aides Adalah Nyamuk Yang Unik

Subekti juga menjelaskan bahwa nyamuk Aides adalah nyamuk yang unik jika dilihat dari siklus kehidupannya. Mulai dari cara dia bertelur sampai cara dia beradaptasi dalam mempertahankan telur telurnya.

"Nyamuk ini memiliki kemampuan bertelur selama 4 kali dengan 1 kali perkawinan, sekali bertelur bisa mencapai 200 telur. Dan telur telur nyamuk ini dapat bertahan selama 6 bulan di tempat kering sampai akhirnya menetas karena terendam air saat datang musim penghujan. Itulah mengapa angka DB selalu naik saat datang musim penghujan" jelas Subekti.

Selain cerdas, nyamuk aides mampu beradaptasi terhadap perkembangan lingkungan yang dianggap mengancam perkembangan telur telurnya.

"Nyamuk ini bisa dengan cepat merubah pola menempatkan telur telurnya yang tidak dapat dijangkau oleh kita sehingga saat menetas menjadi jentik tidak dapat terpantau. Kalau dulu jentik nyamuk dapat kita temukan di dasar bak air di kamar mandi, kini jentik jentik itu tidak lagi berada di dasar tapi di samping bak kamar mandi yang memiliki celah adanya genangan air" papar Subekti.

Bahkan, lanjut Subekti bisa bersarang di barang barang yang selama ini menurut perkiraan kita tidak mungkin menjadi sarang nyamuk.

"Benda benda, seperti sepeda misalnya jika di sadel terdapat air sedikit saja itu juga bisa menjadi tempat nyamuk aides bertelur" jelas Subekti.

Selain itu keunikan lainnya adalah bahwa telur nyamuk aides ini bisa menetas dalam waktu 5 menit sampai 2 hari tergantung dari kualitas darah manusia yang dihisap oleh induk nyamuk aides.

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top