Kepala BPBD Kota Tangerang : Respon Time Pemadaman Secepat Mungkin - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Kepala BPBD Kota Tangerang : Respon Time Pemadaman Secepat Mungkin

Advertorial
kepala bpbd kota tangerang respon time pemadaman secepat mungkin
Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Puja Hendra

megapolitanpos.com, Kota Tangerang- sejak Januari hingga Pebruari 2015, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang telah berhasil menanggulangi 15 kasus kebakaran di Kota Tangerang.

Cepatnya proses pemadaman api atau yang sering disebut respond-time jadi prinsip utama upaya penanggulangan bencana itu untuk mengurangi resiko merembetnya api hingga timbul korban jiwa.

“Sebisa mungkin anggota pemadam kebakaran sudah datang 15 menit dari diterimanya informasi kebakaran,” kata Irman Pujahendra, Kepala BPBD Kota Tangerang, Rabu(30/12).

Adapun data kejadian kebakaran selama dua bulan di awal tahun 2015, yaitu Januari tercatat 12 kejadian kebakaran, di antaranya 3 kejadian di Kecamatan Tangerang, 1 kejadian di Kecamatan Karawaci, 2 kejadian di Kecamatan Periuk, 1 kejadian di Kecamatan Benda, 1 kejadian di Kecamatan Cipondoh, 1 kejadian di Kecamatan Pinang, dan 3 kejadian di Kecamatan Larangan.
Sementara, di Bulan Pebruari tercatat ada 3 kejadian kebarakan, di antaranya 1 kejadian di Kecamatan Tangerang, 1 kejadian di Kecamatan Ciledug, serta 1 kejadian di Kecamatan Larangan.
Total kerugian akibat 15 kebakaran selama 2015, BPBD Kota Tangerang mencatat sebesar Rp 3.780.000.000, kata Irman Pujahendra

Dari 12 kejadian kebakaran di bulan Januari 2015 total rata-rata respond time BPBD Kota Tangerang selama 15 menit, sedangkan di bulan Pebruari 2015 rata-rata respond timenya selama 16 menit.
Dikatakan Irman, dari total 15 data kasus kebakaran sepanjang tahun 2015 yang berhasil dihimpun anggotanya baik di markas komando maupun di pos damkar wilayah-wilayah, penyebab kebakaran didominasi hubungan arus pendek listrik, namun adapula yang disebabkan dari ledakan kompor gas atau faktor lain-lain.

“Kita berharap agar warga Kota Tangerang tetap waspada terhadap faktor-faktor terjadinya kebakaran. Guna mempercepat pemadaman kebakaran, kita telah siap-siagakan seluruh personil yang ada baik di markas komando maupun di pos-pos wilayah,” pungkasnya.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan Penanggulangan Kebakaran, yang kali ke 3 (tiga) di Kelurahan Gembor Kecamatan Priuk yang merupakan setelah sebelumnya di laksanakan di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Kerawaci dan Kelurahan Pangunggangan Barat Kecamatan Cibodas.

Kegiatan tersebut di ikuti sekitar 40 (empat puluh) orang warga kelurahan gembor dan dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Para Tokoh Masyarakat yang telah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Camat dan Lurah setempat.

Camat Priuk, Drs. Syamsul Bahri, MM, pada saat membuka kegiatan tersebut berpesan kepada para peserta yang berasal dari warga kelurahan Gembor Kecamatan Priuk, bahwa “agar para peserta dapat mengikuti sosialisasi dan penyuluhan tersebut sampai dengan selesai dan diharapkan ilmu cara memadamkan api yang disampaikan oleh narasumber dapat diterapkan di lingkungan masing-masing”

Sementara Kepala Pelaksana BPBD, Irman Pujahendra, dalam sambutannya menyampaikan akan ada penambahan 1 UPT lagi di wilayah Periuk sehingga dalam pelaksanaan pelayanan tugas pemadam kebakaran di wilayah Periuk dan sekitarnya akan lebih cepat dan efesien.

Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan tersebut terdiri dari penyampaian teori dan praktek, dan materi teori mengenai kelembaggan BPBD dan teori mengenai pencegahan serta penanggulangan kebakaran. Kegiatan Praktek memadamkan api, peserta diajak untuk mempraktekan pemadaman dengan cara tradisional dengan menggunakan karung goni yang dibasahi air dan dengan cara modern menggunakan Alat Pemadam Api Ringan. Sebagian peserta masih merasa takut untuk memadamkan api dengan menggunakan karung goni karena rasa kurang percaya diri dan tidak terbiasa dalam melakukan pemadaman.

Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan Penanggulangan Kebakaran, yang dilaksanakan satu hari penuh ditutup oleh Sekretaris BPBD Kota Tangerang, Teddy Roestendi P, S.Sos.Adv



Author

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top