Bayi Dalam Kresek, Puluhan Warga Ajukan Hak Asuh - Megapolitan Pos Online | Jembatan Informasi Masyarakat

Bayi Dalam Kresek, Puluhan Warga Ajukan Hak Asuh

Berita Daerah
bayi dalam kresek puluhan warga ajukan hak asuh
Kapolres Pagaralam, AKBP Trisaksono Puspo Aji saat menyambangi bayi 'Rizki Raga Anugerah' .

MEGAPOLITAN POS, Pagaralam.

Warga Gunung Agung Pauh Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam, Sumatera Selatan yang sempat dihebohkan dengan penemuan bayi laki-laki dalam kantong kresek hitam dipinggir kali, Selasa (19/3) lalu.

Kini bayi malang yang ditemukan warga sekitar pukul 05.30. WIBB itu menjadi rebutan banyak orang yang ingin mengadopsinya, dan sekarang masih dirawat bidan Puskesmas Bumi Agung Dempo Utara atas rekomendasi Dinsos. Bahkan penemu bayi tersebut, Erlan (48) juga bersikukuh jika dia yang akan mengadopsi.

Namun, hingga kini status bayi tersebut belum jelas. Sedangkan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikkan terkait orang tuanya dan terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Pemkot Pagaralam untuk perawatan dan perlindungan bayi untuk sementara.

"Ya, memang sudah banyak yang menyampaikan ke kami untuk mengadopsi bayi itu. Tapi kami tidak bisa memutuskan dan kami terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Pemkot Pagaralam, sembari melakukan penyelidikkan siapa orang tua asli bayi tersebut, nanti kalau proses hukumnya sudah selesai siapapun bisa mengajukan permohonan adopsi," terang Kapolres Pagaralam, AKBP Trisaksono Puspo Aji saat menyambangi bayi yang sementara diberi nama Rizki Raga Anugerah oleh masyarakat setempat, Kamis (22/3).

Kapolres juga menghimbau kepada orang tua bayi untuk segera menyerahkan diri kepada pihaknya, baik melalui keluarga atau aparat setempat seperti ketua RT atau ketua RW sebelum nantinya diambil tindakan tegas, identitas akan dirahasiakan," Kita berikan waktu 3 x 24 jam atau 3 hari dari sekarang untuk menyerahkan diri dan kami jamin identitas kami rahasiakan," Ujar Kapolres.

Sementara itu kepala Dinas Sosial Kota Pagaralam Sukman melalui Kepala Bidang Resosdinsos, Buraqqo Bangun, MM menyampaikan terkait prosedur adopsi bayi tersebut," Kami melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian yang tengah melakukan penyelidikkan terkait kasus ini, dan jikapun ada yang mau mengadopsi setelah kasusnya selesai nanti, kami hanya memfasilitasi sesuai aturan perundang-undangan yang ada, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak (PP-PPA) dan Permensos RI Nomor 110/HUK/2009 Tentang Persyaratan Pengangkatan Anak," Sampai Koko sapaan akrab Kabid.(JF)

Author

Berita Terkait

MEGAPOLITANPOS.com adalah Media Online yang melayani informasi dan berita dengan lugas, kritis, dan mencerahkan sekaligus mencerdaskan bagi pembaca dengan data dan fakta berita. Media yang menyajikan berita-berita nasional, politik, hukum, sosial budaya, ekonomi bisnis, olahraga, iptek, gaya hidup, hobi, profil, dan lain sebagainya akan menjadi suguhan menarik, melegakan kehausan akan cinta dunia informasi terkini yang menginspirasi, memberikan inovasi sekaligus sarana aspirasi…

Back to Top