MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran resmi meluncurkan kegiatan vaksinasi massal di 50 titik di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Sabtu (10/04/2021). Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 6 bulan ke depan.

“Ini (vaksinasi massal) akan kita laksanakan dalam 6 bulan ke depan. Kita akan evaluasi,” kata Fadil Imran di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/04/2021).

Untuk hari pertama ini, Polda Metro Jaya menyediakan 5.400 dosis vaksin. Fadil pun berharap jumlah vaksin yang disediakan bisa bertambah seiring berjalannya proses vaksinasi.

Fadil menjelaskan, vaksinasi massal ini ditujukan bagi para lansia dan pekerja publik. Diantaranya, pelayan mal, pedagang pasar, pengemudi ojek.

“Ada juga penggali kubur di Kebayoran Lama yang kita berikan vaksin,” ujarnya.

Vaksinasi massal ini, tambah Fadil, penyelenggaraannya di sejumlah Kampung Tangguh Jaya dan tempat-tempat pelayan publik. Tiga lokasi di antaranya telah dikunjungi Fadil, yakni Kampung Tangguh Jaya di Cideng, Jakarta Pusat; Family Mart Bulungan, Jakarta Selatan; dan Mal Kota Kasablanka.

Untuk pelaksanaannya, kata Fadil, terdapat 251 tenaga vaksinator yang tersebar di 50 lokasi itu. Dia menambahkan, kegiatan vaksinasi massal ini terselenggara berkat kerja sama sejumlah pihak. Yayasan Global CEO Indonesia membantu dari sisi operasional. Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebagai penyedia vaksin. Sedangkan vaksinatornya berasal dari tenaga kesehatan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Satgas Covid-19 RS Wisma Atlet.

“Tujuan kegiatan ini digelar sebagai bentuk dukungan Polda Metro Jaya dalam menyukseskan program vaksinasi nasional. Sesuai dengan perintah Kapolri agar Polri mengerahkan semua sumber daya untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19,” bebernya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, vaksinasi massal akan disediakan 100 dosis per hari di tiap titik.

“Pendataan calon penerima vaksin sudah dilakukan sebelumnya oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta,” jelas Yusri, Jum’at (9/4).(rp/Anton)