Walikota Blitar Minta Kalangan Milenial Sebagai Pelaku Usaha Mikro Mampu Bangkitkan Ekspor

Kendang Sentul mampu tembus pasar Internasional

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – para pelaku usaha mikro kota Blitar kususnya kalangan muda diharapkan mampu membedah peluang dunia Internasional. Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai wadah harus bisa menjadikan pemacu kreatifitas generasi muda kota Blitar dengan memamerkan beberapa hasil produk unggulan.

Melalui pembinaan bidang ekspor impor, dikatakan Walikota Blitar Drs. Santoso M.Pd ketika membuka acara Pembekalan Eksport Import kepada pengusaha muda di Hotel Puri Perdana Selasa (06/04/21).

Santoso berharap dari pelaku usaha mikro yang saat itu membuka stan pameran produk unggulan yang berada di arena pameran, mereka yang menyajikan aneka produk lokal seperti makanan minuman, tas, kain-kain batik, dan hasil produksi lainnya yang bernuansa potensi lokal agar mampu mendongkrak perekonomian di kota Blitar.

Pelaku usaha milenial ikuti pembekalan
Pelaku usaha milenial ikuti pembekalan

“Dengan merangkul, memberdayakan para pengusaha muda saya berharap bisa mendongkrak nilai ekspor kota Blitar, apalagi ini diikuti oleh pelaku usaha dari berbagai macam latar belakang, sehingga dapat mendukung visi misi pemerintahan Satrio Keren yang unggul dan bermartabat,” ungkapnya.

Selanjutnya Walikota juga berpesan pada saat masa pandemi Covid-19, agar situasi ini justru mampu menjadikan pemacu semangat agar pengusaha muda ini mampu menjawab tantangan untuk melakukan kegiatan perdagangan ekspor impor. “Dengan kondisi ekonomi terpuruk saat Pandemi justru tidak menyurutkan semangat pengusaha muda, tapi bagaimana hal ini terus berkreatifitas menerobos masuk tirani itu agar produknya diminati masyarakat luar, dan bisa ekspor,” tegasnya.

Walikota Blitar harapkan pelaku usaha milenial bangkit saat pandemi

Baca Juga : Walikota Blitar Melakukan Penandatanganan MoU dengan APH, untuk Pengawasan 5 Proyek Strategis

Untuk membangkitkan semangat, Pemerintah kota Blitar dengan serius memperhatikan pengusaha muda, ini terbukti pada acara tersebut, Pemkot Blitar kusus mengundang narasumber dari Dirjen Ekspor Impor Provinsi Jawa Timur untuk pembekalan kepada peserta agar mampu menyerap materi secara optimal dari narasumber, sehingga realisasi ekspor impor bisa berjalan dan berkembang dengan baik.Dan juga memberikan tantangan kepada pengusaha muda agar sukses menjalankan di era 4.0 ekspor impor seperti produk kendang Sentul yang laku keras bahkan sampai kuwalahan melayani pesanan luar negeri.

“Inilah peluang bagi pengusaha untuk menciptakan tenaga kerja baru dengan memasok bahan dasarnya saja. Sehingga kendang Sentul bisa memenuhi permintaan negara China. Kemudian produk-produk tas dari tempurung kelapa itu bisa dikembangkan, bagaimana menjaga kualitas global itu tercipta,” pungkasnya. (Adv/humas/za.mp)

Leave a Comment