Peringati HKG PKK Ke-49 Kecamatan Jatiuwung Ikuti Lomba TBM Dan Hatinya Tingkat Kota Tangerang

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-49, Kelurahan Gandasari mewakili Kecamatan Jatiuwung mengikuti 2 perlombaan diantaranya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Hatinya (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK, tingkat Kota Tangerang. Kamis (25/03/2021).

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tangerang, mengelar perlombaan dalam rangka menyambut hari lahirnya Ke 49. ada pun beberapa indikator dalam penilaian 10 program PKK yang dilombakan diantara Penghijauan di perkarangan rumah di lingkungan sekitar, Pemanfaatan hasil tanaman sayur, buah maupun obat keluarga (TOGA) dan Peternakan serta Perilaku hidup bersih dan sehat.

Camat Jatiuwung Agianto Martioso, menjelaskan. Kelurahan Gandasari Mewakili Kecamatan Jatiuwung untuk ikut lomba, dalam rangka menyambut hari jadi ke 49 PKK, jelas Agianto.

“Ada dua yang di ikut sertakan dalam lomba ini diantaranya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Hatinya PKK, yang berlokasi di RW 06 Kelurahan Gandasari. adapun indikator penilaian untuk TBM adalah fungsi dan manfaat dari TBM tersebut serta inovasi,” ujarnya.

Lanjutnya, Agianto.TBM Kelurahan Gandasari diberi nama sebagai Taman Baca Grimpitri KB (Griya Dumpit Asri Kreatif dan Berinovasi) memiliki program yang diberi nama “IMAJINASI” yaitu Implementasi Pembelajaran Mengaji, Narasi dan Kreasi. disini pun memiliki Dinding Kreasi (DIKSI) untuk menampilkan hasil kreasi anak-anak, ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Gandasari, Setiadi. Memaparkan, untuk Hatinya PKK sendiri ada beberapa indikator penilaian terutama penghijauan di perkarangan rumah dan lingkungan sekitar. Pemanfaatan hasil tanaman sayur, buah maupun obat keluarga (TOGA) dan peternakan serta perilaku hidup bersih dan sehat, Tuturnya.

“Kita telah miliki inovasi Hatinya PKK Sari Kencana 06 dengan memiliki program 4 Masdarling (Masyarakat Sadar Lingkungan) yaitu ONTEL (One Tree One Life), GEMAR PARE (Gerakan Menyiram Pagi dan Sore), KABEHAN (Kegiatan Bersih-Bersih Lingkungan) dan GEMAS (Gerakan Menanam Sayuran),” imbuh Setiadi Lurah Gandasari.

Selain itu banyak program dan kegiatan diantaranya Bank Sampah di RW 06 yang telah dibina oleh kader PKK Kelurahan Gandasari yang berjalan dengan baik, setiap minggu kader beserta pengurus bank sampah datang kerumah warga untuk mengangkut sampah-sampah dari warga yang telah di pilah, tutupnya. (ADV)

Leave a Comment