Denda Rp100 Ribu Mulai Diberlakukan Bagi Warga Barsel Tak Pakai Masker

MEGAPOLITAN POS.COM (Buntok)–Tim Satgas Gabungan Covid -19 Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), laksanakan Razia Operasi Rutin Disiplin Masyarakat (ORDM) untuk mengenakan masker saat beraktivitas keluar rumah.
Denda Rp100 ribu segera diberlakukan.

Razia ini dilakukan bagi pejalan kaki, para pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas yang kedapatan tidak memakai masker.

Titik razia diawali di Jalan Pelita Raya, tepatnya di depan Kantor Bupati Kabupaten Barsel. Kegiatan tersebut berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

“Dan nantinya akan berlanjut ke tempat-tempat keramaian seperti, cafe – cafe atau tempat kerumunan,” ujar Kasat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barsel Ganda Daya Bina SH, Senin, (22/03/2021) di Buntok.

Dijelaskannya, mereka yang terjaring dalam oprasional kegiatan kali ini di samping diberikan sanksi berupa membuat surat pernyataan , juga mereka diberikan sosialisasi. Pihaknya akan bertindak tegas berupa tindakan administratif.

“Berupa sanksi denda Rp100.000 (Seratus Ribu Rupiah) sesuai Perda Nomor 23 Tahun 2020.”

Sanksi dan denda itu dilakukan sebagai salah satu sarana utama untuk menyadarkan masyarakat tentang arti pentingnya menerapkan disiplin masyarakat, khusus masyarakat Kota Buntok agar mengenakan masker dan berperilaku hidup bersih serta sehat dalam suasana masa pedemik Covid -19.

Sebab, lanjut dia, penggunaan masker bukan hanya sekadar formalitas atau karena adanya penertiban dari petugas, tapi untuk mencegah penyebaran virus.

“Kegiatan operasi gabungan ini sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19.” (Ade/Red/MP)

COMMENTS

Leave a Comment