Walikota Blitar Serahkan Sembako Bagi Warga Korban Banjir Di Patihan Kelurahan Pakunden

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar– Walikota Blitar Drs.santoso pada hari ke 2 menjabat di Pemkot melakukan peninjauan di Lingkungan Patihan Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo pada Selasa (02/03/21) bantuan dari Dinas Sosial berupa sembako ini diserahkan kepada 19 kepala keluarga 6 kk di Rt.3 Rw.6 sebanyak 6 kk dan 13 kk di Rt.4 Rw.6.

kepala kelurahan Pakunden
Walikota serahkan sembako simbolis

Wahyudianto kepala kelurahan Pakunden kepada media ini mengatakan, musibah banjir genangan dari aliran sungai Mbah Ampelan, pada tanggal 4 Februari 2021saat hujan deras sempat merendam rumah warga setinggi 1.5 meter, ini disebabkan karena kondisi rumah warga lebih rendah sehingga air timpahan menggenangi rumah penduduk.

“Karena rumah lebih rendah sehingga bebera rumah terendam air, selain itu juga karena faktor drinage yang kurang memadai, untuk itu kami minta pembangunan saluran air ke Dinas PUPR, untuk menanggulangi timpahan air di tempat kami,”ujar Wahyudianto.

Walikota Blitar Drs.Santoso MPd sebelum menyerahkan bantuan sembako secara simbolis dalam sambutanya menyampaikan permohoan maaf kepada warga setempat karena.baru sekarang bisa menjenguk korban banjir di Patihan Pakunden, atas nama pribadi dan pemerintah Kota Blitar pihaknya akan memerintahkan Dinas terkait untuk segera merealisasikan permohonan warga untuk membuat saluran air.

“Ini yang segera mendapatkan penanganan pembangun saluran air dan normalisasi sarana irigasi aliran sungai Mbah Ampelan,”kata Santoso.

Dalam melakukan peninjauan lokasi, Walikota Blitar yang didampingi Plt. Sekda Hermansyah Permadi, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD, dari Dinas Kesehatan, Santoso meminta kepada warga masyarakat selalu waspada, karena cuaca extrim akhir-akhir ini, banjir saat hujan deras yang kadang disertai angin kencang banyak merobohkan pepohonan banyak terjadi di Kota Blitar, dan kepada petugas penanggulangan bencana diminta selalu siaga tanggap bencana.

“Kita harus selalu siaga terhadap bahaya banjir, dan juga termasuk bencana alam pandemi Covid 19,upaya pemerintah akan berhasil dalam penanganan bencana bila didukung peranserta segenap lapisan masyarakat,”jlentrehnya.

Selain memberikan bantuan paket sembako Walikota Blitar juga sempat menyerahkan dua kantong benih lele dan langsung ditebar di sebuah kolam milik warga setempat, Santoso juga melihat pemeriksaan sumur warga oleh petugas Dinkes untuk diketahui seberapa besar dampak pencemaranya .Dia juga meminta kepada penerima bantuan sembako agar tidak memandang besar kecilnya bantuan, tetapi bentuk perhatian Pemkot Blitar ini bisa dimaknai sebagai bentuk perhatian kusus dari Pemerintah. (Adv/humas/za).

Leave a Comment