Akses Jalan Masuk Ditutup, Pabrik Pakan Di Kendalrejo Talun Kalang Kabut, Kelompok Warga Tuntut Kompensasi 2 Milyar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Perselisihan antara pemilik pabrik pakan di desa Kendalrejo Kecamatan Talun dengan sekelompok masyarakat semakin memanas sampai terjadi blockade jalan masuk ke lokasi pabrik Pt.Sejahtera Hasil Bakti, Perselisihan tersebut menurut Wawan selaku koordinator aksi, karena selama pabrik ini beroperasi sangat mengganggu seperti bau dan hewan nonol dan cerobong dari baja stainless bila terkena matahari amat menyilaukan mata.

Wawan cs blokade pintu masuk

Pantauan media ini dilapangan aksi protes yang dilakukan oleh Wawan Cs ini berlangsung sejak tanggal 26 Februari dan hingga sekarang belum ada titik temu, kelompok warga yang mengaku merasa dirugikan adanya pabrik pengolahan pakan ayam ini menuntut hak kompensasi ganti rugi uang sebesar 2 milyar.

Aksi pada tanggal 27 Februari merupakan puncak kekesalan sekelompok masyarakat, wawan Cs melakukan aksi penutupan dengan portal seadanya, mereka melarang setiap kendaraan truck keluar masuk untuk mendistribusikan pakan ternak ke sejulah titik lokasi milik pengusaha di Blitar Kota ini, mereka membentangkan spanduk.

“ Warga sekitar lingkungan pabrik pengolahan pakan ternak menolak Keras beroperasinya mesin pengolahan pakan di desa Kendalrejo Rt.02 Rw.08 Kecamatan Talun,”.

“ kalau tuntutan kami tidak dipenuhi oleh pemilik pabrik maka blockade jalan akan tetap kami lakukan, selain itu aparat juga harus menertibkan udang undang kelas jalan, karena truck besar pengangkut ransum ayam ini seharusnya tidak dibiarkan saja melalui jalur yang bukan klas jalanya,” kata Wawan.

Hingga hari ini aksi kelompok Wawan masih terus berlangsung, mereka tetap ngotot untuk memblokade jalan masuk, dan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan sejumlah anggota Dalmas dan dari satuan Lalulintas berjaga-jaga disekitar lokasi, sambil mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Sebelumnya para awak media berusaha menemui kepala Dinas Penanaman Modal Dan pelayan Terpadu Satu Pintu KPTSP Kabupaten Blitar Drs. Rully Wahyu rastyowanto, pihaknya mengatakan, perihal pabrik pengolahan pakan Pt.Sejahtera Hasil Bakti sudah melalui standart prosedur perijinan yang ada, dan semenjal adanya pelaporan dari warga tentang gangguan pihaknya juga sudah melakukan peninjauan ke lokasi.

“ Sebenarnya secara tehnis semua perijinan menurut kami perusahaan sudah memenuhi aturan, lalu dengan permasalahan yang dianggap mengganggu kami juga sudah melakukan pengecekan bersama tim tehnis,”Kata Rully.

Sementara itu Kasat Sabhara AKP Rudi Prabowo kepada para awak media Minggu ( 28/02/21), untuk menjaga ketertiban masyarakat pihaknya menerjunkan sejumlah personil untuk pengamanan, karena sampai hari ini mereka masih melakukan aksi menuntut kompensasi ganti rugi berupa uang dengan jumlah yang cukup banyak.
“ Kami sifatnya hanya mengamankan, sementara demo warga masih belum selesai dan masih ada pembicaraan lebih lanjut dan kita tunggu hasil pembicaraan dengan ke dua belah pihak dan kita masih menunggu hasilnya,” kata Rudi .(za)

Leave a Comment