Pengamat Sebut Irjen Pol Muhammad Iqbal Cocok Diposisi Kabareskrim Polri

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Pengamat dari ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah mengatakan, banyaknya calon-calon Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri sudah beredar luas di sejumlah media, terutama yang disampaikan IPW (Indonesian Police Watch), tapi hanya ada nama yang paling pas di posisi itu yakni Irjen Pol Muhammad Iqbal. Hal ini diutarakan Iskandarsyah dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (13/02/2021).

Menurut Iskandarsyah, Irjen Pol Muhammad Iqbal yang saat ini menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), secara integritas dan loyalitas beliau sudah teruji di institusi Polri.

“Secara integritas dan loyalitas terhadap institusi Polri sudah sangat teruji, kawan-kawan media pun tak asing lagi dengan beliau,” ujar Iskandarsyah, yang juga selaku Direktur Eksekutif ETOS Indonesia Institute.

Dengan alasan tersebut, lanjut Iskandarsyah, menyakini beliau cocok diposisikan sebagai Kabareskrim Mabes Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Satu hal yang perlu digaris bawahi beliau juga satu angkatan dengan pak Kapolri sekarang (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) yaitu 1991, jadi tak perlu panjang lebar kemana-mana,” ujarnya.

“Satu angkatan lebih mudah bersinergi pastinya,” pungkasnya.

Seperti dilansir Republika bahwa setelah Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai kepala Polri, masih belum ada pengganti dirinya sebagai kepala Bareskrim Polri. Mabes Polri beralasan, sampai saat ini nama calon Kabareskrim Polri masih diproses di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

“Saya sampaikan saat ini masih dalam proses di Wanjakti,” kata Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi persnya di Mabes Polri, Rabu (3/2).

Ramadhan menegaskan, penunjukan nama calon Kabareskrim merupakan kewenangan Wanjakti dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menjabat pimpinan tertinggi di Korps Bhayangkara.

Sebelumnya ada beberapa nama-nama perwira tinggi yang disampaikan oleh Ketua Presidium IPW Neta S Pane, yang bakal menjabat sebagai Kabareskrim Polri menggantikan Listyo Sigit Prabowo. Di antaranya, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Alfinta, Kapolda Jabar Irjen Pol Dofiri, dan Wakabareskrim Irjen Pol Wahyu Adhiningrat.(Anton)

Leave a Comment