Lokasi Banjir di Kelurahan Rawajati

MEGAPOLITAN POS.COM: Jakarta- Aliran sungai Ciliwung yang deras akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari belakangan ini, baik di wilayah Bogor, Depok dan Jakarta mengakibatkan rumah warga di sejumlah RW di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan yang dialiri Sungai Ciliwung, tergenang air. Sebagian warga terpaksa mengungsi di lokasi terdekat yang agak tinggi dan sebagian lainnya masih tetap bertahan di lantai 2 rumah mereka.

Untuk mengantisipasi banjir, pada Ahad (7/2) pagi, Lurah Rawajati Rudi Budijanto dan pengurus RW 07, turun ke rumah warga untuk menginformasikan kemungkinan datangnya banjir ke rumah warga. Sambil berkeliling ke rumah-rumah warga melalui pengeras suara, Rudi meminta warga di sektar RW 07 untuk bersiap siap diri, mengamankan diri dan keluarga dan barang barang berharga mereka sebelum datangnya banjir. Sejak beberapa waktu lalu, berkordinasi dengan RW dan RT serta warga dan masyarakat, Lurah Rawajati telah mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya banjir di wilayahnya.

Sejak Ahad sore kemarin, air telah memasuki rumah warga di 3 RW di kelurahan Rawajati, terutama di RW 01, 03 dan 07. Banjir merata memasuki rumah di 6 Rt di RW 07 Kelurahan Rawajati. Saat ini, sebagian warga RW 07 Rawajati mengungsi di kolong fly over jembatan Rawajati, sebagian lagi mengungsi di rumah warga lainnya dan banyak warga yang masih tetap tinggal di lantai 2 rumah mereka masing-masing sambil berharap banjir akan surut.

Banjir juga mengenangi rumah warga di sejumlah RT di wilayah RW 03 Rawajati, di antaranya di RT 01, 03, 04 dan Rt 010. Ada sekitar puluhan rumah di RT 10/03 Kelurahan Rawajati yang pagi ini terkena banjir. Sekitar puluhan rumah warga di RT 01/03 rawajati juga terdampak banjir sejak semalam dan banjir juga mengenangi puluhan rumah warga lainnya di RT 03 dan 04 RW 03. Sejak semalam, warga mengungsi di sekitar lokasi yang tinggi dan aman dari genangan air.

Sejak pagi tadi beberapa dapur umum posko banjir, baik yang didirikan Kelurahan Rawajati maupun swadaya masyarakat telah berdiri. Dapur umum posko banjir di RW 07 berada di Puskesmas Rawajati 2 di Jl Bina Warga Kelurahan Rawajati. Posko lainnya swadaya masyarakat berada di JL Zeni AD Raya Rt 05 Rw 03 No 34 Kelurahan Rawajati samping lapangan badminton PB Sehat. Pagi ini, aktivitas dapur umum belum terlalu menggeliat lantaran belum banyaknya bantuan yang masuk ke warga.

Genangan air yang masih tinggi menyulitkan warga beraktivitas dan bergerak. Bahkan sejak kemarin, aliran listrik rumah warga telah dipadamkan PLN untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Fasilitas warga pun banyak yang lumpuh dan tak lagi dapat digunakan. Saat ini ratusan warga, baik yang mengungsi di sejumlah titik maupun yang masih tetap bertahan di lantai 2 rumah mereka, sangat berharap sekali uluran tangan bantuan banyak pihak.

Selain makanan dan minuman siap saji, mereka juga membutuhkan beras, minyak, lauk dan lainnya untuk dapat dimasak di dapur umum. Warga juga butuh biskuit atau sejenis yang dapat dimakan untuk menganjal perut mereka. Selain makanan untuk bayi dan anak-anak, warga juga sangat mengharapkan bantuan air mineral untuk minum selama mengungsi dan banjir. Obat-obatan seperti minyak kayu putih, pampers untuk bayi dan lainnya juga dibutuhkan warga terdampak banjir.

Diliput langsung oleh Rivai Hutapea Dewan Pengawas Forum Birokrat Masyarakat Indonesia (FBMI) Senin (8/2/2021)