Dikritik Gerindra, Anies Malah Dinobatkan TUMI Sebagai Pahlawan Transportasi

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, masuk ke dalam daftar 21 Heroes 2021 yang dirilis oleh Transformative Urban Mobility Initivative (TUMI), yang merupakan lembaga internasional yang berbasis di Jerman.

Dalam daftar tersebut, Anies disejajarkan dengan Elon Musk yang merupakan CEO SpaceX dan arsitek produksi Tesla.

Gubernur DKI Jakarta itu berhasil menempati posisi ke-17 karena dianggap telah berhasil memimpin peningkatan transportasi yang luar biasa.

Sebelumnya ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Timur, Ali Lubis meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mundur dari jabatannya jika tidak sanggup melawan virus corona (Covid-19).

“Terkait hal di mana Anies meminta pemerintah pusat untuk mengambil alih kordinasi penanganan Covid-19 di Jakarta, menimbulkan pertanyaan besar apakah Anies nyerah lawan Covid-19? Jika seperti itu maka sebaiknya mundur saja dari jabatan Gubernur,” kata Ali dalam keterangannya, Kamis (21/1).

Penobatan Anies Baswedan sebagai 21 Heroes 2021 yang dirilis oleh Transformative Urban Mobility Initivative (TUMI) seakan merontokan tuduhan Gerindra terhadap dirinya yang dianggap menyerah dalam menangani covid19.

Twitt dari TUMI menuliskan  “#21Heroes2021, penghormatan bagi mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, berupaya lepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi, dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas berkelanjutan pada tahun 2021”, disertai sejumlah foto para tokoh yang mendapatkan penghargaan.

Upaya yang dinilai berhasil oleh TUMI sehingga mengganjar Anies adalah karena dianggap inovatif selama pandemi, dengan menyediakan transportasi murah bagi warga dan mengintegrasikan hampir seluruh moda tranportasi seperti TransJakarta, KRL, MRT, hingga angkutan perkotaan.

Dalam situs resminya, TUMI mememiliki misi mengajak para pemimpin dunia, ahli transportasi, para perencana dan mahasiswa untuk membuat transformasi bagi mobilitas yang lebih baik bagi semuanya.