MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Metro Jaya menggelar acara ‘Deklarasi Kebangsaan Alim Ulama dan Pengukuhan Da’i Kamtibmas Polda Metro Jaya’, bertempat di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ), Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (03/02/2021).

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H Said Aqil Siradj, Alim Ulama serta para Da’i, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran beserta jajarannya.

“Baru saja kita mengukuhkan Da’i Kamtibmas wilayah Polda Metro Jaya yang terdiri dari para Ustadz, Kiai, Santri, Imam Masjid, Alim Ulama, NU, Muhammadyah dan semuanya bersama sama ingin membangun masyarakat DKI yang beradab, bermartabat, santun, berakhlak dan jauh dari radikalisme, dari ekstremisme, apalagi sampai terorisme,” kata Ketum PBNU, K.H Said Aqil Siradj kepada wartawan usai acara tersebut.

Menurut Said Aqil, tugas utama yang meski dijalankan saat ini yakni memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Tugas pertama yang sekarang harus dijalankan adalah sosialiasi protokol kesehatan, itu tugas pertama. Selanjutnya mendorong masyarakat DKI, masyarakat yang beradab, bermartabat dan berbudaya,” lugasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam hal membangun pendekatan yang lebih humanis ke masyarakat.

Selain itu dengan adanya Dai Kamtibmas ini diharapkan masyarakat dapat menerima pesan-pesan Kamtibmas.

“Ini adalah tindak lanjut perintah dari bapak Kapolri untuk membangun pendekatan yang lebih humanis, membangun komunikasi dengan umat, dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga Polda Metro Jaya, menginisiasi melantik Da’i Kamtibmas dalam rangka menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas,” terang Fadil.

“Lebih khusus tantangan terkini, terkait dengan ketaatan protokol kesehatan, ada 31 yang di Polda, masing-masing polres juga memiliki Da’i Kamtibmas,” tambahnya.(Anton)