Musrenbang Kelurahan Binong 2022 Kali Ini Fokus Pada Pengembangan Infrastruktur

MEGAPOLITANPOS. COM (Tangerang) – Pengembangan infrastruktur menjadi fokus pembahasan Musrenbang tahun 2022 Kelurahan Binong, Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang, Kamis (28/1/2021).

Musyawarah dan perencanaan pembangunan (Musrenbang) adalah forum publik yang diselenggarakan oleh institusi publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan dalam merencanakan program pembangunan.

Penyelenggaraan musrenbang ini merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi.

Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan di lingkungan Kelurahan, khususnya Kelurahan Binong.

Musrenbang dilaksanakan, di Aula Kantor Kelurahan Binong yang berada di lantai 2. Musrenbang Kelurahan Binong kali ini bertema ‘Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Usaha Ekonomi Kerakyatan’.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan yang ada. Diantaranya Camat Curug diwakili Sekcam Curug Rizki Rizani Fachzi S.IP M.Si, LPMK, Puskesmas, Kepala Sekolah, SKPD, RT, RW, Forum RW Sekelurah Binong, PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karang Taruna.

Dalam sambutannya Lurah Binong Menyampaikan ‘’Dalam perencanaan usulan-usulan dari masyaraka kami pilih kegiatan prioritas, meski banyak sekali ajuan dari masyarakat/warganya maka tetap kami menampung aspirasi setiap rukun warga, agar nantinya aspirasi tersebut di masa yang akan datang tetap dijadikan usulan. Menyadari dalam Perencanaan Pembangunan tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang berasal dari internal dan eksternal,” tutur Juhri Saputra, S.Pd.I., M.Si, Kamis, (28/012/2021).

Sekretaris Camat Curug Rizki menambahkan, Musyawarah Kelurahan ini sebenarnya merupakan pra-perencanaan yang nantinya difokuskan kembali di tingkat kecamatan. Harapan semua ajuan ke depan bisa terealisasi dengan baik dan warga bisa merasakan manfaatnya.”

Lurah Juhri memaparkan tahapan perencanaan meliputi penyusunan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan perencaan, evaluasi pelaksanaan perencaan. Hal-hal lain pun dipaparkan, dan terlihat tamu undangan Rapat Musrenbangkel menyimak pemaparan tersebut dengan seksama.

Hadir pula anggota DPRD Kabupaten Tangerang Rispanel Arya di tempat terpisah melalui saluran zoom-meeting online. Rispanel menuturkan Murenbang 2022 difokuskan kepada program pembangunan infrastruktur antara lain Renovasi Gedung RT, gedung RW, Posyandu dan lain-lainnya. “Saya mohon pada pak Lurah Posyandu bisa dikembangkan di setiap tempat yang sudah berjalan sampai saat ini.” (Fadli/Febri/red/MP)

Leave a Comment