Sekjen AWDI Ali Nasrullah Meminta Kasus Pemukulan Wartawan Diproses Hukum Hingga Tuntas. Biar Jera!!

MEGAPOLITANPOS COM (Jakarta) — Tindakan anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) Adiyat Nugraha melakukan pemukulan terhadap wartawan merupakan hal yang tidak bisa diterima oleh publik.

Karena itu, pihak kepolisian diminta memproses hukum secara tuntas hingga ke persidangan. Sanksi hukum hendaknya diberikan secara proporsional sehingga memberi efek jera.

Sebagaimana diberitakan, korban pemukulan adalah Amar Iswani, wartawan baritorayapost. com. Kini perkara pidana ini sedang diproses hukum di Polres Barito Selatan.

Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Ali Nasrullah Ramadhan dalam rilis yang diterima redaksi megapolitanpos. com di Jakarta (4/1/2021) menyampaikan kecaman keras atas tindakan arogan tersebut, dan menuntut kepada pihak yang bersangkutan untuk segera menyelesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pihaknya sebagai asosiasi/organisasiprofesi jurnalistik juga meminta Adiyat Nugraha yang berasal dari Partai Gerindra itu
segera meminta maaf di hadapan insan media yang ada di Barito Selatan dan memberikan ganti rugi materiil dan immateriil, kepada perusahaan dan wartawan yang terkena tindak kekerasan oleh oknum DPRD tersebut.

Menurut Ali Nasrullah, kerja wartawan baritorayapos.com, adalah bagian tidak terpisahkan dari kinerja jurnalistik yang berdasar pada Undang – Undang No. 40 Tahun 1999 Tentang Pokok Pers dan Undang – Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Sehingga wartawan yang melakukan ekspose tentang berita, baik secara pribadi dan kelembagaan jurnalistik wajib diberikan perlindungan hukum sebagaimana dimaksud dalam perundang – undangan yang ada.

Ali menegaskan, agar pihak aparatur kepolisian setempat jangan ragu-ragu dalam melaksanakan penyelidikan dan penyidikan sesuai tugas dan fungsi pokok kepolisian dalam penegakkan hukum.

Ditambahkannya, bahwa anggota DPRD Barito Selatan itu jelas melanggar hukum, karena menyerang wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistiknya.
“Saya selaku pribadi dan juga mewakili organisasi Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia, menyatakan tidak bisa menerima dan mentolerir tindakan penyerangan terhadap wartawan yang bertugas di lapangan oleh siapapun juga!,” tegas Sekjen DPP-AWDI tersebut.

Karena itu proses hukum yang sedang berjalan hendaknya tidak berhenti di tengah jalan.

“Sehingga saya meminta kepada pihak kepolisian dan lembaga peradilan untuk memberikan punishment dan efek jera terhadap oknum anggota DRPD Barito Selatan itu,” pungkas Ali. (*/eka/red/MP)

Leave a Comment