Proses Hukum Pemukulan Wartawan di Gedung DPRD, Penting Untuk Menjawab Pertanyaan Publik

 

MEGAPOLITANPOS. COM (Jakarta) — Proses hukum kasus pemukulan wartawan oleh oknum anggota DPRD Barito Selatan harus dilanjutkan.
Mengapa? Karena hanya proses hukum yang tuntaslah yang bisa menjawab pertanyaan publik mengenai alasan pemukulan itu.

Dan hanya penyidik kepolisian yang bisa menggali dan mencari jawaban, mengapa anggota DPRD yang nota bene pejabat publik melakukan penyerangan terhadap wartawan di area publik, yaitu di gedung DPRD setempat.

Penyerangan wartawan yang sedang bertugas di gedung DPRD itu akhirnya tersiar ke ranah publik luas melalui media massa maupun viral di media sosial.

Demikian disampaikan wartawan senior yang juga Direktur Utama PT Borneo Alam Kita (penerbit baritorayapost. com), Yohanes S Widada menanggapi keinginan damai dan dicabutnya perkara hukum ini di Polres Barito Selatan.

“Hanya melalui penyidikan yang benar dan berlanjut ke pengadilanlah maka pertanyaan publik bisa terjawab. Apa yang menjadi sebab atau alasan sehingga anggota DPRD menyerang seorang wartawan dengan tongkat bisbol,” kata Yohanes Widada yang juga Ketua Dewan Redaksi baritorayapost. com tersebut kepada media megapolitanpos.com di Jakarta, Senin (4/1/2021) pagi.

“Pasti ada alasan yang sangat kuat, mengapa anggota dewan yang terhormat itu melakukan tindak pidana itu seorang diri. Dan perbuatan itu sudah bisa diduga direncanakan, karena tongkat bisbol itu disiapkannya sebelumnya dari tempat lain. Bukan perbuatan spontanitas. Mengingat tongkat bisbol tidak lazim didapati di tempat umum di dalam atau sekitar gedung DPRD Barito Selatan,” lanjutnya.

Karena itu, menurut dia, polisi tidak perlu ragu melakukan penyidikan hingga tuntas. Dan biarkan perkaranya berproses di pengadilan.

Pengadilan, masih menurut Yohanes Widada, adalah institusi publik yang bisa membuka tabir secara fair apa sebab pejabat publik itu memukul wartawan yang sedang bertugas di area publik. Pengadilan pulalah yang punya kapasitas memutus perkara pidana ini seadil-adilnya.

“Hak publik untuk tahu alasan pemukulan itu. Dan alasan itu pasti sangat serius bagi kepentingan publik Barito Selatan. Kami meyakini ada alasan yang sangat besar mengapa anggota DPRD memukul wartawan yang sedang bertugas. Kami meyakini ada alasan yang tidak sumir, ” pungkasnya. (yes/red/BRP)

Leave a Comment