Sungai Cirarab Akan Dijadikan Destinasi Wisata Black River

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang-Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar, menghadiri kegiatan launching Bank Sampah sungai Ciracab Buaran Jati Sukadiri Kabupaten Tangerang, yang digelar oleh Banksasuci, Rabu, (30/12/2020).

Kegiatan ini dihadiri juga oleh para anggota TNI, POLRI, Lembaga Sosial Masyarakat dan Omas-Ormas.

Ade Yunus selaku ketua Banksasuci dalam sambutannya menyampaikan ia dan teman teman mempunyai cita-cita besar, seperti bank sampah di Cisadane. Dengan modal pada awalnya Rp 15 ribu kini assetnya mencapai Rp4,7miliar.

“Insya Allah ini juga kita namakan sebagai wisata edukasi yang kedepan menjadi black river (danau hitam). Jadi kedepan kita akan lakukan penataan karena masyarakat sudah mulai antusias, dan akan membuat sepeda gantung. Jadi kerjasama oleh semua pihak termasuk pak Bupati,” katanya.

Kang Ade panggilan akrab Ade Yunus, juga menjelaskan sampah yang tersangkut akan dimasukkan ke saung bank sampah.

“Sampah yang bisa diolah akan kita olah,” tambahnya.

“Nih teman teman LSM, pemuda. Daripada menyampaikan aspirasi mulu tidak ada aksinya, mendingan aksi seperti banksasuci yang dari kota Tangerang mau mengurusi Kabupaten Tangerang,” ujarnya Ahmad Zaki Iskandar saat sambutan.

Bupati Tangerang juga memberikan apresiasi kepada Banksasuci karena telah terciptanya bank sampah sungai Cirarab dan water trap sungai Cirarab.

“Yang merupakan upaya kita semua untuk menyelamatkan dan melindungi sungai-sungai yang ada di Kabupaten Tangerang, dan salah satu yang mendapatkan dampak polusi terbesar adalah sungai Cirarab atau Black River. Ini tidak bisa saling salah, karena ini juga ngalirnya dari Kota Tangerang. Ini juga menjadi tanggung jawab untuk kita semua,” pungkasnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk turun membersihkan sungai bareng-bareng. Untuk jangan biarkan sampah ada di pinggir jalan, sungai, irigasi dan tanah kosong di Kabupaten Tangerang.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Banksasuci. Saya mendukung gerakan pemuda dalam rangka menyelamatkan lingkungan hidup kita, mengelola sampah sampah kita dan dalam rangka membuat tangerang bersih,” tutup Zaki.

Setelah sambutan, Bupati Tangerang pun langsung memecahkan kendi sebagai simbolis peresmian, serta menanam pohon ditemani oleh kang Ade Yunus serta juga meletakkan water trap di sungai Cirarab.

Tidak lupa banksasuci dan masyarakat yang hadir di acara peresmian tetap melakukan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak,memakai masker dan memakai hand sanitizer.Aldo

COMMENTS

Leave a Comment