Kantor sekertariat Pemkab blitar lama

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Sebaran Covid 19 kembali merambah tiga jajaran Dinas di Kabupaten Blitar, ke tiga OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Blitar tak hanya menjangkiti Kepala OPD, namun juga termasuk para staf-stafnya yang terpapar Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti kepada para awak media mengatakan, sejumlah pejabat yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu di antaranya Kepala Kominfo, Kepala DLH, Asisten Pemkab dan Kabag Keuangan Sekertariat kabupaten Blitar. Selain itu juga ditemukan staf yang terpapar, seperti 2 staf Dinas Sosial, 2 orang staf Dinas Koperasi dan UMKM, dan staf Dinas Kominfo sebnyak 5 orang.

“Saat ini kami sedang melacak darimana sumber penularannya. Pertama kita ketahui dari kominfo yang bergejala, dan sudah menulari teman-teman di sana, padahal kominfo itu kan selalu meng-handle acara-acara Pemkab Blitar yang luar biasa banyaknya. Bisa dimungkinkan penularan dari situ juga bisa,” kata Krisna, (03/12/20).

Krisna yekti

Krisna menambahkan, dengan kondisi seperti ini, maka untuk Dinas bersangkutan dilakukan penutupan sementara selama tiga hari dan diberlakukan Work From Home (WFH) untuk memutus mata rantai penularan penyebaran virus Covid 19.

“Kami intruksikan agar tidak menular ke mana-mana dan mencegah penularan lebih meluas, masing-masing kantor OPD yang terkonfirmasi positif ini kami berlakukan penutupan sejak Senin (30/11/2020) lalu,” katanya.

Kerisna Yekti lebih lanjut mengatakan, untuk hal terebut Satuan Tugas Covid-19 juga sudah melakukan tracing terhadap seluruh ASN di lingkungan Pemkab Blitar. Kurang lebih sekitar seratus ASN sudah dilakukan rapid test dan dilanjutkan swab test jika diketahui reaktif.

“Sekitar tujuh puluhan sudah keluar hasilnya. Sebagian besar negatif,” tuturnya.

Masih kata Juru Bicara Satgas Covid 19, terkait dengan faktor utama yang menjadi sumber penyebaran masih dilakukan pencarian lebih lanjut oleh satgas. Namun, sementara ia memprediksikan bahwa klaster perkantoran itu bersumber dari libur panjang pada bulan lalu.

“Karena libur panjang itu kan kami tidak bisa mengontrol mobilitas setiap pegawai, sehingga tidak masuk dalam kendali satgas,” tandasnya.

Mengingat sebaran Covid 19 di Blitar masih cukup tinggi, pihaknya menghimbau kepada masarakat terutama menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, agar masyarakat tidak melakukan kegiatan di luar rumah bila tidak sangat mendesak, dan selalu patuh menjalankan protokol kesehatan dengan 3 M ( Menjaga Jarak,Mekamai Masker dan sering Mencuci Tangan dengan sabun. (za)