Sortir Surat Suara, Ternyata KPU Kota Blitar, Kekurangan 1.893 lembar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Ini diketahui saat petugas KPU kota Blitar melakukan sortir dan lipat surat suara untuk Pilwali kota Blitar 2020, yang pelipatan ini dilakukan sejak hari Jumat 27 hari hingga Sabtu 28 November. Dari hasil sortir kemarin terdapat kekurangan 1.893 lembar surat suara.

Pelipatan dan sortir surat suara

Ketua KPU kota Blitar melalui kasubag Umum Sekretariat KPU Kota Blitar, Chrisetyo Widyaksono kepada para awak media mengatakan, kekurangan jumlah surat suara itu karena ada kekurangan kirim sebanyak 1.334 lembar ditambah surat suara rusak sebanyak 559 lembar total keseluruhan ada 1.893 lembar.

“Untuk kota Blitar dalam gelaran Pilwali kota Blitar 2020 keseluruhan ada 119.888 lembar itu termasuk yang 25% surat suara cadangan, dan 2.000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU), setelah dilakukan sortir KPU ternyata hanya menerima 118.554 lembar,” ungkapnya (01/12/20)

Dilain pihak Kapolresta Blitar juga menyampaikan karena jumlah surat belum sesuai, maka KPU Kota Blitar akan mengajukan penggantian dari kekurangan kirim surat suara dan surat suara yang rusak ke KPU Jatim saat dilakukan sortir dan pelipatan selalu mendapat pengawasan ketat Kepolisian.

“Selama proses sortir dan pelipatan surat suara mendapatkan pengamanan ketat dari kepolisian. Hal ini dilakukan karena logistik ini merupakan salah satu hal terpenting dalam penyelenggaraan Pilkada, dan saat pendistribusianya nanti juga dikawal ketat hingga ke seluruh TPS,”ungkapnya. (za)

Leave a Comment