Kepala bakesbangpo Dicky Cubandono
Kepala bakesbangpo Dicky Cubandono

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Kontestasi pemlihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar tinggal 19 hari lagi, mengingat gelaran pesta demokrasi selain memakan biaya yang sangat mahal, maka untuk penyelenggara diharapkan benar- benar kerja extra agar capaian hasil Coblosan pada tanggal 9 Desember nanti berhasil dengan baik.

wakil ketua DPRD Abdul Munib

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar dalam acara simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi Secara Elektronik) untuk tingkat TPS yang diselenggarakan di desa Sumberdiren, kecamatan Garum, Sabtu (21/11/2020).

“Kita dari legeslatif berharap agar KPU ini terus melakukan upaya-upaya yang tepat agar partisipasi masyarakat ketika menyalurkan hak pilihnya nanti bisa maksimal,”ungkap Abdul Munib.

Sejalan dengan misi Pemeritah Kabupaten Blitar, untuk mencari sosok calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Abdul Munib yang juga dari Fraksi PKB ini selanjutnya juga meminta agar masyarakat yang sudah memiliki hak suara agar pesta demokrasi di Kabupaten Blitar berbobot, memilih pasangan calon pemimpin yang benar benar memahami keinginan masyarakatnya untuk menuju sebuah perubahan dalam berdemokrasi.

Selain dari lembaga legeslatif pada acara siang itu juga dihadiri oleh Pjs Bupati Blitar Drs. Budsi Santoso Wakapolres Blitar, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Kabupaten Blitar, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Bakesbangpol Kabupaten Blitar Drs. Dicky Cubandono.

Munib menyarankan para pemilih untuk menggali informasi detail setiap pasangan calon kepala daerah perihal program-program kerja yang ditawarkan kepada seluruh warga kabupaten Blitar sebelum menentukan pilihan politiknya. Politisi PKB ini juga mengajak warga yang memiliki hak pilih untuk tidak golput alias tidak menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 nanti.

“Agar pembangunan di kabupaten Blitar menuju daerah yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing, saya mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya tanggal 9 Desember datang ke TPS,” ungkapnya.

Selanjutya Kepada KPU selaku pihak penyelenggara pemilihan, pihaknya juga berharap untuk terus melakukan upaya-upaya yang tepat agar partisipasi masyarakat ketika menyalurkan hak pilihnya nanti bisa maksimal. Masyarakat, juga di persilahkan untuk turut berpartisipasi mengawal jalannya proses pemilihan supaya berjalan dengan adil dan demokratis.

“Tigkat partisipasi masyarakat dalam kontestasi pesta demokrasi sekarang ini karena ada lawan paslon harapanya tingkat partisipatif masyarakat juga bertambah tinggi. Kami meminta KPU bagaimana hal itu bisa terjadi. Semoga pilkada nanti bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar dan demokratis. Saya berpesan tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bakesbangpol Kabupaten Blitar, dikonfirmasi sebelumnya oleh media ini di ruang kerjanya mengatakan, secara periodik penyelenggaraan Pemilihan Umum dua dekade, yakni pada tahun 2010 dan 2015 tigkat partisipasi masyarakat pemilih di Kabupaten Blitar masih berada dikisaran angka 57 persen saja.

“ Ya kita berharap ada putaran Pemilukada Kabupaten Blitar pada hari Rabu tanggal 9 Desember nanti tingkat partisipasi masyarakat ada peningkatan prosentasenya, Kami juga mengajak kepada warga masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya nanti,”ungkap Dicky Cubandono.(za)