LMS Portas : Satpol PP Kota Tangerang Diminta Tegas Dalam Penindakan Bangunan Yang Belum Miliki IMB

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang – Diduga telah melanggar Peraturan Daerah. Dua Bangunan tidak sesuai Prosedur aturan, diminta untuk segera disegel.

Hal ini dikatakan oleh LSM Poros Tangerang Solid (Portas) Hilman Santosa. Meminta kepada Satpol PP Kota Tangerang harus berani mengambil keputusan terkait bangunan yang telah diduga melanggar Perda apalagi belum miliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Rabu (11/11/2020).

“Kita mendorong Satpol PP Kota Tangerang, segera menyegel bangunan yang belum miliki IMB, apalagi tidak sesuai Tata ruang, salah perijinan dan keperutukannya. Lantaran ketegasan penindakan bangunan bagian dari pendapatan daerah, apabila pemilik bangunan tidak mematuhinya sama saja mengangkangi Perda,” imbuh Ilman kerap disapanya.

Kendati sudah mendapatkan surat peringatan pertama dan kedua dari pihak Satpol PP Kota Tangerang pengawas Bangunan wilayah Kecamatan Karawaci terkait dugaan melanggar Peraturan Daerah (Perda) dua bangunan Di Jalan Sasmita, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang terus berjalan pekerjaan pembangunan bahkan bangunan gudang pabrik galon pun telah rampung yang diduga bangunan luas kurang lebih 190 meter persegi tersebut menurut informasi pemiliknya hanya untuk bagunan garasi mobil.

Disinyalir kedua bangunan tersebut telah melanggar beberapa peraturan daerah diantaranya Perda 17 Tahun 2011 tentang Retribusi perijinan tertentu, Perda 3 Tahun 2012 tentang Bangunan gudang, Perda 6 Tahun 2012 tentang Rencana tata ruang wilayah Kota Tangerang dan Perda 8 Tahun 2018 tentang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

Salah satu staf Satpol PP Pengawas Bangunan wiliyah Kecamatan Karawaci dan Tangerang, membenarkan adanya bangunan gudang galon di jalan sasmita, Gerendeng, diduga belum miliki surat – surat IMB dan adanya di duga bangunan ruko di jalan Sasmita di Kelurahan Pabuaran, salah perijinan dari Kecamatan Karawaci.

“Kita sudah kirim panggilan pertama bahkan surat peringatan kedua untuk bangunan gudang galon, sudah kita layangkan. Sesuai prosedur dan Standar Operasi Prosedur (SOP) tentunya Satpol PP akan segera menyegel bangunan tersebut, walaupun pemiliknya sudah mengutus orang untuk membuat surat penyataan, akan tetapi sampai saat ini pemiliknya belum menunjukan surat IMBnya, ucapnya.

Lanjutnya. Kedua bangunan yang diduga telah melanggar, Lantaran tidak sesuai Prosedur, maka kita ajukan keatasan untuk segera di segel, bangunan tersebut, tuturnya

Sebelumnya telah diberitakan Wartawan Megapolitanpos.com. Rabu lalu (28/10). Salah satu warga Kelurahan Pabuaran yang berdekatan dengan bangunan ruko, yang enggan menyebutkan namanya, mengatakan. Bahwa bangunan tersebut pemiliknya kalau tidak salah Ibu Yanawati.

“Tanya aja, mas. Sama pekerja bangunannya, tiap hari juga pemilik datang ko, kesini,” imbuhnya.

Sampai berita ini diturunkan belum ada kutipan resmi dari Kasatpol PP Kota Tangerang. (Amr).

Leave a Comment