MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar– Pemahaman tentang budi pekerti nilai, budaya Kebhinekaan beragama, agar tetap tumbuh subur ditengah-tengah kehidupan, diperlukan upaya kongkrit untuk melestarikannya, pengaruh asing sudah banyak mempengaruhi prilaku kaum milenia, dengan menggali nilai nilai Pancasila.

Acara Seminar nasional digelar di Balai kota Blitar Kusumo Wicitro pada Jum’at (06/11/20) yang diikuti oleh PJs.Bupati-Walikota Blitar, Kapolres Blitar Raya, Komandan Kodim 0808 Blitar, Kajari, Kepala Dinas, Kepala Bakesbangpol Kabupaten dan kota Blitar, ormas, penggerak Pancasila serta tokoh masyarakat.

Peserta seminar BPIP Blitar Raya

Pjs. Bupati Blitar Drs. Budi Santoso dengan penyelenggaraan seminar ini sangat mengapresiasi acara tersebut, hal ini penting untuk lebih meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Karena Pancasila sebagai ideologi dasar negara, sebagai falsafah bagsa harus tetap dipahamkan kepada generasi muda.

“Sesuai dengan tema seminar menggali nilai nilai Pancasila dari Bumi Bung Karno, karena Bung Karno sebagai pencetus Pancasila, dan Sang Proklamator disemayamkan di Blitar, maka kita berkewajiban melestarikan nilai luhur Pancasila distiap sendi kehidupan.

Forkompimda Kabupaten Kota Blitar, Pjs.Bupati, Pjs.Walikota Blitar, tokoh dan kader penggerak Pancasila Blitar Raya, dilakukan sesi tanya jawab antara nara sumber BPIP dengan pegiat pancasila ormas, pelaku usaha wisata, guru dan kepala desa kelurahan Blitar Raya.

Forkopimda Blitar Raya

Prof.Dr.Haryono M.Pd., dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, dalam sambutanya mengatakan, dengan mengedepankan toleransi umat beragama, inovasi dan prestasi itu penting selaras dengan nilai nilai Pancasila dan Blitar untuk indonesia dan Blitar untuk dunia, di Blitar harus jadi tonggak penggerak pancasila yang handal, karena Blitar telah disemayamkan tokoh pendiri Pancasila.

“Apa yang kita rasakan sekarang dimana nilai norma dikalangan generasi muda sudah mulai luntur budi pekertinya, ini sebagai akibat pengaruh global, jadi kehadiran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, perlu mendorong terciptanya pemahaman pelaksanaan nilai-nilai Pancasila yang mengedepankan nilai gotong royong yang adiluhung,” kata Haryono.

Acara seminar yang digelar sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB ini, banyak hal yang dapat diambil hikmahnya, seperti yang dikemukakan oleh ketua Ormas Pemuda Pancasila Kota Blitar Dwi Karso, nilai nilai Pancasila saat ini dinilai sudah mulai luntur, karena Pancasila memiliki nilai luhur yang harus kita lestarikan.

“Disinyalir sekarang ini nilai nilai pancasila sebagai sumber segala sumber hukum,bahkan generasi sekarang ada yang tidak hafal Pancasila, ini penting harus kita gali bersama,” ungkapnya. ( Adv/Kmf/za)