Nilai Pancasila Dari Bumi Bung Karno, Diharapkan Tetap Menggelora Sepanjang Masa

Pjs.Walikota Blitar Jumadi

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar– Kader penggerak Pancasila di Blitar mengikuti seminar nasional sehari yang digelar pada Jum’at 6 Nopember 2020, bertempat di Balai Kota Blitar Kusumo Wicitro, yang dibuka oleh Pjs.Walikota Blitar Jumadi .

Acara seminar dengan tema advokasi positif menggali nilai-nilai Pancasila dari Bumi Bung Karno dihadiri oleh guru PPKN, dan ormas Pemuda Pancasila Kota Blitar,Bakesbangpol Kabupaten dan Kota Blitar,tokoh penhgerak Pancasila.

Turut hadir Ormas Pemuda Pancasila

Pjs.Walikota Blitar Jumadi mengatakan, Pancasila yang merupakan sumber dari sumber hukum yang diharapkan dapat mewujudkan kerukunan dan kebersamaan yang sejati, harus tercipta satu konsep hidup bernegara yang mengikat semua anggota kelompok sosial.

Sistem berbangsa dan bernegara telah mengalami
perubahan yang cukup signifikan. Realitas kehidupan politik, ekonomi dan demokrasi telah mengalami perubahan.

Seiring perkembangan zaman nilai-nilai luhur Pancasila, untuk menanamkan budi pekerti, berjiwa sosial dan bergotong royong harus tetap digelorakan dari generai ke generasi,” katanya.

Dengan keberadaan Kampung Wisata ekologis di desa Semen Kecamatan Gamdusari,sangat berpotensi menggali kearifan lokal sebagai perwujudan pengamalan sila ke 3 persatuan Indonesia.

Prof. Dr.Haryono

Dengan adanya kampung Pancasila di Kota Blitar yang diharapkan dapat menumbuhkan tata nilai bermasyarakat dapat senantiasa menumbuh suburkan nilai luhur Pancasila untuk diamalkan secara murni dan konsekwen disetiap nafas kehidupan berbangsa dan bernegara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu Profesor Dr.Hariyono dari Badan Pembinaan Idiologi Pancasila mengharapkan, implementasi nilai luhur Pancasila harus inovatif, kreatif dan dinamis.

“Kita menyadari kekompakan gotong royong yang menjadi tonggak dalam sendi kehidupan, menjadi tanggungjawab, bersama, agar dari generasi selalu tertanam akhlak budipekerti luhur sesuai norma Pancasila,”ungkapnya ( Adv/Hms/za)

COMMENTS

Leave a Comment