MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Penemuan anak buaya, di sungai Sugih desa Gadungan kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, resahkan warga, Rabu (28/10/2020).

Kasubag Humas Polres Blitar, AKP Imam Subechi, kepada para awak media mengatakan penemuan anak buaya panjang sekitar 90 cm dan bobot 15 kg tersebut, saat seorang warga Dusun Sukomulyo yang melintas di tepi Sungai Sugih melihat ada sesuatu yang mengapung di sungai.

“Saksi melihat buaya kecil sedang mengambang di tepi sungai pinggir hutan ,” ujar AKP Subechi, Kamis (29/10/2020).

Subechi menjelaskan, setelah mengetahui reptil buas, saksi memanggil warga lainnya, dan beramai-ramai berusaha menangkap anak buaya tersebut menggunakan tali plastik warna biru.

” Buaya berhasil ditangkap yang diperkirakan jenis Aligator darat tersebut, dan sekarang diamankan petugas,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Gandusari, Iptu Tri Wahyudi ketika dihubungi menuturkan setelah ditangkap oleh warga, perangkat desa meneruskan ke pihak kecamatan. Kemudian dilaporkan ke Dinas Damkar Pemkab Blitar, serta dilanjutkan laporan ke BKSDA untuk tindak lanjut penanganannya.

Dengan penangkapan anak buaya itu, Polsek Gandusari mendatangi lokasi penitipan anak buaya tersebut untuk mengecek dan mengetahui bagaimana pengamanannya,” ungkapnya.

Saat ini pihak Polsek Gandusari menunggu tindaklanjut dari petugas Damkar untuk melakukan penyusuran Sungai Sugih, guna mengetahui dari mana datangnya anak buaya tersebut. “Dikhawatirkan ada induk buaya, yang bisa membahayakan warga sekitar,” pungkasnya.(za)