Covid 19 Di Kabupaten Blitar Naik, Satu Dokter Meninggal

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Waspada harus lebih ditingkatkan oleh masyarakat untuk lebih perhatian terhadap protokol kesehatan, hal ini karena jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Blitar terus mengalami kenaikan pada Oktober, merilis data di Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten tercatat dari 24 Oktober mencatat ada tambahan 18 kasus terkonfirmasi positif. 14 orang didominasi oleh santri salah satu pondok pesantren di Kecamatan Udanawu, dan ada 1 dokter meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti kepada media ini memaparkan, sejumlah 28 santri di pondok pesantren di Kecamatan Undanawu ini yang terpapar Covid-19 sebelumnya gugus tugas melakukan tes swab kepada 31 orang santri yang menunjukkan gejala ringan mengarah ke Covid-19.

Secara komulatif 28 santri pondok terkonfirmasi positif Covid-19 pada 22 Oktober ditemukan 7 orang santri positif, kemudian pada 23 Oktober ada 7 santri yang terkonfirmasi positif. Dan terakhir pada 24 Oktober ada lagi tambahan 14 santri yang terkonfirmasi positif Covid-19, semuanya total 28 santri,” paparnya (27/10/2020).

Baca Juga : DPRD Kabupaten Blitar Pertanyakan Anggaran Penanganan Covid 19 Dinas Kesehatan

Krisna, juga menjelaskan kalau sebelumnya di lokasi yang sama pada awal Oktober lalu juga terdapat 15 santri tarekat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Lima belas santri ini sebenarnya sudah mendapatkan penanganan dari Satgas Covid-19. Tracing, testing, dan treatment juga langsung dilakukan kepada kontak erat para santri tersebut.

“Kami juga telah merekomendasikan agar seluruh penghuni dikarantina. Artinya yang di dalam tidak boleh keluar dan yang dari luar dilarang masuk atau menjenguk para santri,” imbuhnya.

Oleh gugus tugas covid 19 Abupaten Blitar saat itu juga sudah melakukan tracing oleh teman-teman di lapangan. Kemarin yang di-swab dengan gejala ringan ada 31 orang dan di awal-awal yang sudah keluar hasil tes swab-nya. Dan mereka ini sudah isolasi sejak diambil tes swab.

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai angka 736 kasus. Dari data itu, 636 dinyatakan sembuh dan 52 meninggal dunia, data terahir gugus tugas juga mencatat seorang dokter warga Kecamatan Wlingi meninggal dengan riwayat penyakit penyerta.(za)

Leave a Comment