MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta
Jalin silatuhrahmi jarak jauh ditengah pandemi covid-19, keluarga besar redaksi megapolitanpos.com secara langsung dapat bertatap muka dalam rapat menggunakan layanan aplilasi teknologi internet zoom meeting.

Bertajuk ala serius tapi santai, peserta rapat dipersilahkan untuk mendengarkan arahan dari pemimpin rapat (host) Aldi, sambil rileks satu persatu peserta dipersilahkan saling memperkenalkan diri.

Wartawan dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang, Tasikmalaya, Blitar, Pagar Alam, Padang, Tanah Karo dan Asahan mengikuti zoom meeting, pengarahan agar lebih mahir dalam menulis.

Pemimpin redaksi, Johan mengawali kata sambutan dengan menyemangati semua peserta rapat untuk selalu tetap eksis dalam membuat artikel berita setiap harinya. Dilanjutkan oleh Wahyudin dari Dewan Redaksi membagikan pengalaman dan teori tentang berita video.

“Seorang jurnalis yang baik harus berpedoman kepada Kode Etik Junalis (KEJ), agar kemasan dari berita yang disampaikan kepada masyarakat secara luas dapat lebih mudah dipahami dan itu harus berimbang,” kata Johan yang juga sebagai Host diacara Bincang-Bincang Sejenak mptv. Jumat, (23/10/2020).

Menurutnya, dari sisi edukasinya agar ditingkatkan sehingga konten isi berita menjadi menarik dan tidak membuat pembaca merasa bosan.

Ditengah pendemi covid-19 saat ini, kemudahan mencari narasumber sudahlah pasti sangatlah berbeda dari sebelumnya. Karena kondisi tersebut pastinya wartawan akan menerima berupa rilisan berita atau siaran pers,” ungkapnya.

Lanjutnya, nah itulah yang sekarang semua harus pahami dan tidak menjadikan kendala untuk bisa mendapatkan berita. Namun yang perlu dipahami bersama adalah dari sisi karakter original karya jurnalistiknya untuk dikemas kembali.

“Ambil engle atau konten menariknya, misalnya ada kaitannya dengan issu yang sedang trend saat ini. Terkadang kebiasaan malas ini menjadikan biasa tanpa diperhatikan dan akhirnya tidak jelas kemana arah dari maksudnya,” ujarnya.

Diakhir, Johan menghimbau kepada semua peserta rapat agar selalu menerapkan protokol kesehatan 3M dalam menjalankan aktifitas tugas diluar rumah.

“Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Jangan lupa sedia handsenitizer, menjaga pola hidup sehat, dan tetap bahagia. Agar dapat meningkatkan imun dalam tubuh guna mencegah dan memutus mata rantai penyebarannya,” pungkasnya. ** (Git)