Peringatan Hari santri Nasional Kab.Temanggung

MEGAPOLITANPOS.COM, Temanggung- Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Temanggung dilaksanakan
Kamis (22/10) di Pendopo Pengayoman. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, apel peringatan Hari Santri dihadiri oleh Forkompida, Ketua MUI Kab Temanggung, Ketua Tanfiziyah NU, Alim Ulama dan Perwakilan Santri.

Dalam sambutannya Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan bahwa peringatan Hari Santri adalah peringatan atas jerih payah pelajar dan kaum santridalam ikut berjuang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Resolusi Jihad menggambarkan bawa Kyai dan santri adalah sebagai salah satu pelopor
perjuangan.


“Demikian juga di era pandemi Covid-19 ini, kyai dan santri juga kita harapkan untuk kembali menjadi motor perjuangan dalam menghadapi pandemi. Dengan menjadi uswatun khasanah, teladan di masyarakat tentunya kyai dan santri sangat diharapkan menjadi stabilisator ditengah gejolak ekonomi, sosial dan budaya yang menjadi efek
samping dampak pandemi covid-19”, tambahnya.

“Menjadi pengayom bagi masyarakat yang tengah mengalami kesusahan saat ini dan menjadi motor untuk memotivasi masyarakat agar tetap tegar menghadapi pandemi.”
Pungkasnya.

Bupati Temanggung juga mengharapkan dukungan dan do’anya dari para kyai dan santri agar kita bisa melalui musibah ini dengan selamat sejahtera sehingga masyarakat Temanggung kembali bisa beraktivitas normal yang akhirnya perekonomian mereka Kembali tumbuh.

Dalam peringatan santri di Kabupaten Temanggung tahun 2020 diwarnai dengan sema’an Al Qur’an 30 Juz oleh Jama’ah Muslimat dan Aisyah serta Badan Koordinasi Pendidikan Al Qur’an (TPQ).

“Dengan cahaya Al Quran seraya kita semua berdo’a kapada Allah SWT agar Temanggung segera terlepas dari pandemi COVID-19 tetapi juga memanjatkan do’a agar seluruh Kabupaten Temanggung peri kehidupan masyarakatnya semakin bertambah maju,” kata bupati.

Kepala Bagian Kesra Setda Temanggung Budiyanto mengatakan sema’an Al Quran ini berlangsung dari kamis siang hingga malam hari.

“Sema’an Al Quran ini merupakan ikhtiar batin dari Pemkab Temanggung dan masyarakat Temanggung agar pandemi COVID-19 segera berakhir,” katanya.

Hari Santri Nasional tahun 2020 mengambil tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” yang merupakan perayaan ke 6 kali bertepatan tanggal 22 Oktober sejak disahkan secara nasional dan negara pada tahun 2015 lalu oleh Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal.(Hms20)