Gelar Hajatan Di Kabupaten Blitar Sudah Bisa Dilakukan.
Ini Penjelasanya

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Hal yang baru dan melegakan bagi masyarakat Kabupaten Blitar yang akan punya gawe atau hajatan, bila sebelumnya Pemerintah Kabupaten Blitar melalui gugus tugas penanganan pencegahan penyebaran covid 19 melarang dan memperketat acara pernikahan,sunatan dan lainya yang mengundang orang banyak, namun sekarang masyarakat diberikan toleransi.

Krisna Yekti Juru Bicara gugus tugas covid 19 Kabupaten Blitar mengatakan, pemberian kebebasan atau kelonggaran dari Pemerintah Kabupaten Blitar menyelenggarakan hajatan tetap diberlakukan persyaratan yang harus dipatuhi yaitu tetap patuh dengan protokol kesehatan agar acara yang sedang berlangsung tidak dibubarkan oleh petugas.

Krisna Yekti menjelaskan lebih lanjut sebenarnya pemerintah Kabupaten Blitar sudah membuka izin bagi warga yang hendak menggelar hajatan mulai bulan Oktober ini, yang bersangkutan harus mengurus ijin terlebih dahulu sanggup menjalankan protocol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, menyiapkan masker dan menyiapkan thermogun untuk melihat suhu tubuh setiap uandangan yang datang, serta memasang tulisan peringatan terkait covid 19.

“ Pelaksanaanya Tim yang berhak untuk mengeluarkan izin itu yakni Tim Satuan Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Virus Corona Kabupaten Blitar. Nantinya tim bakal memberikan persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya menyediakan tempat cuci tangan, undangan wajib mengenakan masker, mengatur jarak duduk,” ungkapnya Senin ( 19/10/20 ).

Pihaknya juga meminta dan menghimbau kepada masyarakat yang akan menggelar hajatan agar tidak mengundang orang terlalu banyak. Dan yang lebih penting lagi, tidak boleh mengumpulkan orang terlalu banyak dan menggelar hiburan. Seperti pertunjukan musik atau lainnya.

“Setelah persyaratan dipenuhi dan diizinkan, selanjutnya tim satgas akan merekomendasikan atau meneruskan ke instansi terkait. Seperti kepolisian, kecamatan dan terakhir pihak perangkat desa.Kalau sudah disepakati nanti panitia bisa menindaklanjutinya. Dan petugas akan memantau kegiataan hajatanya,” jelasnya.

Dari data peremohonan ijin acara hajatan di Kabupaten Blitar sampai dengan sekarang pertengahan Oktober ini tim sudah mengeluarkan izin 10 ijin lokasi hajatan pernikahan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Blitar.
Diakuinya banyak warga yang memilih untuk menunda agenda hajatan pernikahan karena khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Mereka yang sudah mendapatkan ijin dari gugus tugas covid 19 Kabupaten Blitar sudah diproses jauh jauh hari sebelum mereka akan menggelar acaranya, sehingga tepat pada hari yang ditetapkan ijin ini sudah keluar,” pungkasnya. ( za )
(Hari-Mg)

COMMENTS

Leave a Comment