Menjadi Kabupaten Pertama Di Indonesia Yang Tuntas STBM, KSB Mendapat Rekor Muri

Menjadi Kabupaten Pertama Di Indonesia Yang Tuntas STBM, KSB Mendapat Rekor Muri

MEGAPOLITANPOS, Sumbawa Barat – Masyarakat, pemerintah dan semua stekholder di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat ini cukup berbangga dan berbahagia atas capaian yang sudah dilakukan selama ini.

Hal itu dikarenakan, KSB telah menjadi Kabupaten pertama di Indonesia yang tuntas program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Maka dari itu Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan rekor Muri kepada rekoris Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM Bupati Sumbawa Barat sebagai Kabupaten pertama di Indonesia tuntas 5 pilar STBM.

Dalam sambutannya, staf ahli Gubernur NTB, Abdul Aziz, SH., MH menyampaikan, atas nama gubernur, dia apresiasi tinggi kepada masyarakat, pemerintah dan pokja STBM dan semua yang terlibat mensukseskan program STBM ini. “Saya ucapkan selamat atas prestasi yang dicapai, ini sungguh luar biasa,” tuturnya, Kamis, (14/10).

Ia juga mengatakan, semoga kesuksesan ini bisa terus dipertahankan dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh untuk daerah lain.

Perwakilan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) Andre Purwandono, SS mengatakan dalam sambutannya bahwa, pada hari ini Muri telah menetapkan KSB dan Muri menjadi saksi atas terciptanya sebuah rekor baru. Muri kali ini akan menentukan sebuah rekor baru yang belum pernah ada dan tercatat.

“Kami tim verifikasi Muri akan mengukuhkan KSB menjadi Kabupaten pertama di Indonesia yang telah menuntaskan lima pilar STBM,” tuturnya.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyampaikan, prestasi ini adalah kerja sama elemen masyarakat dan semua stekholder terkait. Dia mengucapkan terima kasih atas kontribusi besar semuanya terhadap capaian ini. Ini kerja sama yang dilakukan secara massif.

“Ini prestasi bersama semua pihak dan saya mengucapkan terima kasih atas prestasi yang luar biasa ini,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, program STBM ini bila di total biaya dari awal sebanyak 100 Milyar. Ini berkat sporting dana dari pemerintah pusat, provinsi, swasta, perbankan dan daerah. Dia menjelaskan, terpenting dari semuanya yaitu kita bisa mempertahankan keberlanjutan atas capain prestasi STBM. “Momentum hari ini, menjadikan kita agar mempertahankan lima pilar STBM ini tetap berlanjut di KSB. Manfaat momentum hari ini, lima pilar harus tetap berlanjut,” jelasnya.

Hadir dalam acara itu, staf ahli Gubernur bidang pemerintahan dan kesra, Abdul Aziz, SH., MH, Bupati Sumbawa Barat, Wakil Bupati Fud Syaifudin, ST, Forum Komunikasi pimpinan daerah ada Kapolres AKBP Heru Muslimin, S. Ik., M. IP, Kajari KSB Suseno, SH., MH, pimpinan DPRD, Kasdim, Ketua Penggerak PKK NTB, Wakil Bupati Dompu,agen PDPGR, Camat, Lurah, Kades se KSB. (Ibrahim)