Ratusan Kontingen Akan Meriahkan Festival Qasidah Tingkat Provinsi Di KSB

Ratusan Kontingen Akan Meriahkan Festival Qasidah Tingkat Provinsi Di KSB

MEGAPOLITANPOS.COM, Sumbawa Barat-Ratusan Kontingen Akan Meriahkan Festival Qasidah Tingkat Provinsi Di KSB – Festival Qasidah tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ada ratusan kontingen yang datang dari 10 Kabupaten/Kota di NTB.

Qasidah adalah bentuk syair epik kesusastraan arab yang dinyanyikan. Penyanyi menyanyikan lirik berisi puji-pujian untuk kaum muslim. Kasidah adalah seni suara yang bernapaskan Islam, di mana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam.

Ketua DPD Lasqi Kabupaten Sumbawa Barat Hj. Hanifah Musyafirin, S. Pt berharap dalam sambutannya, semoga seluruh rangkain kegiatan selesai sampai akhir acara dan berjalan lancar.

“Sebelum acara, Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, karena kami ingin memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan festival kali ini di KSB,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan beberapa hal yaitu, seluruh kontingen dari Kabupaten Kota sudah mengirim kontingennya, terbanyak Kabupaten Sumbawa sebanyak 500 orang, 90 Lombok timur, 65 Dompu, Kabupaten Bima 65, Kota Bima 65 dan lainnya.

Ia menjelaskan, jenis mata lomba yang dilombakan yakni, bintang vokalis gambus, bintang pop religi dan lomba qasidah kolaborasi. Acara itu di pusatkan di kompleks KTC agar bisa dipantau terkait protokol kesehatan. Setelah itu, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menambahkan dalam sambutannya bahwa, dirinya mewakili rakyat dan pemerintah daerah mengucapkan selamat datang kepada kontingen festival. “Semoga festival sukses dan melahirkan kontingen yang akan mewakili NTB ke pusat,” imbuhnya, Rabu, (13/10).

Sementara itu, Abdul Aziz, SH., MH selaku staf ahli bidang pemerintahan dan kesra menyampaikan, festival Qasidah merupakan cara untuk melestarikan budaya nuansa islam. Festival Qasidah merupakan seni bernapaskan Islam. Pemerintah Provinsi NTB sangat mengapresiasi kegiatan ini yang bisa mempersatukan umat Islam.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak, sehingga acara Lasqi tingkat Provinsi NTB bisa di laksanakan di KSB. Ketua DPW Lasqi NTB Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengatakan, festival Qasidah kali ini akan menampilkan hal yang baru, dimana ada lomba Qasidah kolaborasi. Qasidah merupakan seni tari, musik dan suara yang menjadi satu. Festival ini merupakan bentuk silaturahmi antara DPD Lasqi Se NTB, hal ini pertama kali dilakukan di NTB.

“Nantinya ada 9 Kabupaten/Kota yang akan menampilkan Qasidah kolaborasi. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, akan menampung berbagai macam seni, alat mudik, seni tari dan suara,” tuturnya.

Ia menambahkan, berbagai macam seni akan ditampilkan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada DPD Lasqi Kabupaten/ Kota yang sudah hadir. “Silaturahmi akan lebih baik dari kemenangan, mari membangun NTB gemilang dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (Ibrahim)