Alat Fogging Rusak, Petugas Puskesmas Kuta Bumi Serahkan Obat

Alat Fogging Rusak, Petugas Puskesmas Kuta Bumi Serahkan Obat

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang – Permintaan warga Kelurahan Kuta Baru RT 03/04 Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, terkait Fogging langsung di respon oleh pihak Puskesmas Kuta Bumi. Permintaan Fogging tersebut lantaran sudah 6 orang di warga jalan Lumba-Lumba II tepatnya RT 03/04 terjangkit DBD.

Petugas Puskesmas yang terdiri dari Dua Bidan di dampingi kader Pos Yandu di saksikan Ketua RW 04 serta BU RT memberikan penyuluhan kepada warga terkait pemberantasan nyamuk Aedes aegypti di lingkungan.

Menurut Petugas Puskesmas Bidan Mae, Selasa (12/10/2021) mengatakan, untuk pembasmian nyamuk Aedes aegypti atau nyamuk (DBD) dengan Fogging tidak lah efektif, yang lebih efektif adalah, membersihkan genangan air, selalu membersihkan genangan air yang dapat menjadi sarang jentik nyamuk Aedes.

“Berikut beberapa langkah untuk membersihkan genangan air perhatikan genangan air seperti di dalam ember, vas bunga, minuman hewan peliharaan, kaleng, dan ban bekas. Setiap minggu kuras bak mandi untuk menghilangkan telur nyamuk. Tutup pula genangan air di dalam ember dengan rapat agar nyamuk tak bisa masuk,” katanya.

Lebih lanjut Bidan Mae menambahkan, nyamuk Aedes aegypti memiliki pola aktivitas yang diurnal, atau aktif pada pagi sampai siang hari. Nyamuk Aedes aegypti betina menggigit atau menghisap darah manusia untuk mendapatkan protein sebagai bekal bertelur. Nyamuk DBD biasanya “beroperasi” pada pukul 06.00 WIB-09.00. WIB dan 15.00 WIB-17.00 untuk itu tetaplah waspada dan jaga kebersihan.

“Untuk saat ini pihak Puskesmas hanya bisa memberikan obatnya saja, karena alat Fogging yang di miliki Puskemas Kuta Bumi sedang rusak, untuk itu silahkan untuk mencari alatnya sendiri,” katanya.

Ia juga menjelaskan untuk takaran pemakaian obat untuk Foging, ukuranya adalah satu banding dua, artinya setiap satu tutup botol obat Foging dapat di campur dengan 2 liter solar.

Sementara Ketua RW 04 Atik Sutrisno bersiap akan melakukan rapat mendadak dengan para Ketua RT dan jajaran untuk kesiapan melakukan Foging, karena bukan di RT 03 saja warga yang terkena DBD informasi sementara di RT 07 juga ada warga yang terkena DBD.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Bu Dewan Lisiawati Lase untuk menyiapkan mesin Fogging. Secepatnya saya akan lakukan penyemprotan Foging agar DBD tidak menyebar ke yang lainya,” katanya.(Nan/Jhn/MP)