Belum Kantongi Izin, Sejumlah Bangunan Pemkot Digenjot Kejar Target

MEGAPOLITANPOS.COM, PAGARALAM – Sejumlah pembangunan gedung milik Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam Tahun Anggaran 2021 yang tengah digeber pembangunannya, diduga tidak mengantongi Izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) pengganti Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Karena tidak memasang papan plang merek izin pelaksanaan bangunan.

Menurut salahseorang staf Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu satu pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK). PBG menjadi istilah perizinan yang wajib dimiliki siapapun untuk dapat membangun bangunan baru atau mengubah fungsi dan tehnis bangunan, bahkan merawat bangunan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

“Untuk sementara ini kami belum menerima berkas pengajuan izin seperti yang bapak maksud untuk beberapa gedung milik Pemkot Pagar Alam yang sedang dibangun maupun yang direhab ,” jelasnya, saat Megapolitanpos.Com mengkonfirmasi diruang kerjanya, Senin (27/9/21).

Masih menurutnya, untuk pengurusan izin baik ketika masih IMB ataupun PBG khusus bangunan milik pemerintah tidak dikenakan retribusi alias gratis. Adapun sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya gambar bangunan beserta site plan, Rencana Anggaran Biaya (RAB), Surat Izin Lingkungan, surat pernyataan penyanding atau persetujuan tetangga.

” Khusus untuk bangunan milik pemerintah tidak ditarik retribusi atau gratis. Beberapa persyaratan penting diantaranya Surat Izin Lingkungan dan Surat Pernyataan Penyanding atau persetujuan tetangga kiri-kanan yang ditanda tangani diatas materai dan diketahui oleh Lurah setempat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) melalui Kepala Bidang Cipta Karya (CK), Indra. Saat dihubungi melalui WhatsApp terkait izin sejumlah bangunan yang anggaranya berada di Bidang CK, seperti Pembangunan Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam di Jalan Kapten Sanap Kecamatan Pagar Alam Utara yang menggunakan dana APBD senilai Rp. 1.496.652.000.00 ( Harga Penawaran dan Harga Negosiasi) dari Nilai Pagu Rp. 1.499.962.640.00. Pembangunan dan rehab kawasan Alun-alun Utara dana APBD dengan nilai kontrak Rp. 3.469.367.000.00 (Harga Penawaran dan Negosiasi) dari nilai Pagu Rp. 3,494.018.000.00., tidak memberikan tanggapan. (JF)