Viral Petugas PJR Diduga Aniaya Pengemudi Truk di Tol Jakarta-Cikampek, Ini Kata Kakorlantas

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Beredar viral di media sosial sebuah rekaman video memuat peristiwa keributan antara petugas PJR (Polisi Jalan Raya) dengan pengemudi truk di Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 35. Dalam rekaman itu, seorang pengemudi truk sedang mengungkapkan kekecewaannya terhadap petugas PJR yang belum mengembalikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) rekannya, bahkan disebut petugas PJR itu diduga telah melakukan penganiayaan.

Merespon hal tersebut, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono membenarkan adanya peristiwa yang melibatkan anggotanya dengan pengemudi truk.

“Iya benar…,” kata Istiono saat dikonfirmasi pewarta, Sabtu (18/09/2021).

Istiono menjelaskan, keributan itu dipicu akibat adanya salah paham antara kedua belah pihak.

“Saya cek ke Kasubdenwal PJR, ada miskomunikasi antara pelanggar sama petugas,” terang Istiono.

Terkait adanya dugaan tindakan penganiayaan yang dilakukan anggota PJR, Istiono mengatakan, oknum petugas tersebut tengah diperiksa dan dimintai keterangan oleh Provost Polri.

“Lagi didalami lagi anggota untuk diklarifikasi sama Provost kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Istiono  mengingatkan agar anggotanya menghindari tindakan reaktif saat terlibat gesekan dengan pengendara.

“Mestinya lebih humanis,” harap Istiono, dikutip detikcom, Sabtu (18/9).

Menurutnya, adu mulut atau cekcok dengan pengendara menjadi hal yang sulit dihindari oleh polisi saat penugasan di lapangan. Ia pun meminta anggota untuk tidak mudah terpancing emosi saat tengah bertugas.

“Kalau pelanggar reaktif, petugas harus lebih sabar dan memberikan penjelasan dan pengertian,” tukasnya.(Anton)