Satpol PP Gelar Sidang Tipiring di Pengadilan Tangerang

Satpol PP Gelar Sidang Tipiring di Pengadilan Tangerang

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, telah menggelar sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tangerang. Selama tahun 2021 ini, sudah 8 kali kegiatan sidang Tipiring yang digelar oleh penegak Perda di Kota yang berjuluk Akhlakul Karimah tersebut.

Razia miras oleh Satpol PP Kota Tangerang

Para pelanggar Perda yang di sidangkan pada Selasa (14/09/2021) itu diantaranya, pedagang kaki lima (PKL), pedagang minuman keras (Miras), Pemilik bangunan yang belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan pelanggar Protokol Kesehatan.

Dalam proses persidangan, Masyarakat yang terbukti telah melanggar Peraturan Daerah (Perda), majelis hakim Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tangerang menjatuhi hukuman denda atau kurungan penjara.

Kepala Bidang Penegakan Prodak Hukum Daerah (Gakunda) Satpol PP Kota Tangerang Iwan, Spd mengatakan, pelanggar perda yang di sidangkan di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tangerang merupakan hasil dari operasi yang dilakukan oleh Satpol PP dari tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Tangerang, Neglasari dan Karawaci.

Pelanggar Perda yang dijatuhi hukuman denda, uangnya langsung di setorkan ke kas negara,” ujar Iwan Jumat (17/09).

Menurutnya, selama ini pelanggar perda yang masih menjadi dominan yakni Pedagang Kaki lima. Oleh karena itu Iwan menghimbau agar para pedagang kaki lima dapat mentaati Perda dan berjualan pada tempatnya.

Sementara Agus Hendra Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Tangerang menerangkan, bahwa program sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) merupakan sebuah program untuk memberikan sebuah efek jera bagi masyarakat yang telah berulang kali melanggar Peraturan Daerah (Perda) di Kota Tangerang.

“Semoga dengan adanya program ini ke depan masyarakat dapat lebih patuh atas aturan – aturan maupun Perda yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang,” Tandasnya.Adv