Dirlantas Polda Metro: Penerapan GaGe Kawasan Wisata untuk Kurangi Kepadatan

MEGAPOLITANPOS COM, Jakarta – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya mulai memberlakukan penerapan kebijakan sistem ganjil genap atau GaGe kawasan wisata di Jakarta, setiap Jum’at, Sabtu dan Minggu.

“Kami sampaikan bahwa larangan ‘ganjil genap’ ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat keatas. Jadi untuk motor kami masih bolehkan lewat,” ujar Sambodo kepada wartawan saat memantau pelaksanaan penerapan GaGe kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Jum’at (17/09/2021).

Sambodo menjelaskan, GaGe kawasan wisata bertujuan mengurangi terjadinya kepadatan di dalam kawasan wisata.

BACA JUGA : Resmob Polda Metro Bongkar Sindikat Pemalsu STNK dan TNKB, 3 Tersangka Diamankan

“Ganjil-genap ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan di kawasan wisata itu sendiri. Dimulai dari hari Jumat, Sabtu (18/9), dan Minggu (19/9). Dari pukul 12.00 WIB – 18.00 WIB,” terang Sambodo.

Untuk GaGe kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Sambodo mengatakan, akan dilakukan di 2 titik pintu masuk bagian barat dan timur.

“Kami berjaga di kawasan dibantu juga oleh TNI, Satpol PP, dari Polsek dan Polres. Kami berjaga di pintu masuk Ancol. Sehingga yang tidak memenuhi ketentuan jalan, dilarang masuk,” cetusnya.

Penerapan GaGe berlangsung selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 di DKI Jakarta. Aturan tersebut juga menyesuaikan dengan instruksi terbaru yang dikeluarkan Pemerintah terkait aturan level PPKM di DKI Jakarta.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan sistem GaGe di tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol. Peraturan itu mengacu pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Jakarta.(Anton)