Pemdes Waringin Manfaatkan Dana Desa 2021 Bangun Jembatan dan TPT

MEGAPOLITANPOS.COM, Majalengka
Guna menunjang kesejahteraan Warga Masyarakat khususnya pada sektor perekonomian Pemerintah Desa (Pemdes) Waringin, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka merealisasikan dana desa (DD) Tahun Anggaran 2021untuk membangun jembatan dan TPT

Kepala Desa (Kades) Umar melalui Sekertaris Desa Dodo Waskita mengatakan, pembangunan jembatan ini adalah hasil musyawarah bersama warga masyarakat.

“Untuk pembangunan DD tahun ini.  Desa memanfaatkan dana desa untuk membangun jembatan dan TPT dengan membongkar bangunan lama. Dijelaskan, adapun besarnya anggaran yang dikucurkan dari Rp.  161.774.000,-, yakni jembatan Rp. 57.680.000,- TPT Rp. 105.094.000,-” katanya. Rabu, (13/09/2021)

Sekdes menjelaskan, dana desa sudah diterima oleh Desa Waringin dimasukkan dalam RAB APBDes yang memuat rencana kegiatan pembangunan infrastruktur, salah satunya untuk membangun Jembatan dan Tembok Penahan Tanah (TPT) di dua lokasi yang sama yakni di Blok Tajurwangi.

“Pembangunan infrastruktur yang menggunakan anggaran dana desa itu, berdasarkan proposal dari warga yang kemudian dibahas dalam musrenbang tingkat desa, sebagai transportasi jalan alternatif manfaat bidang pertanian,” paparnya.

Menurutnya, jika ada proposal warga yang belum bisa direalisasikan pada tahun ini, harap maklum dan akan diusulkan pada tahun depan.

Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan jembatan TPK desa memberdayakan masyarakat setempat sesuai dengan Program PKT (Padat Karya Tunai). Anggaran yang terserap bervariasi, sesuai volume kegiatan atau proyek yang dikerjakan.

Sementara itu, Ema Garnama selaku warga dan mewakili Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Waringin menyampaikan dengan memberikan apresiasi ucapan rasa senang dan terima kasih kepada pemerintah.

“Sangat senang sekali karena jembatan yang lama selama ini ada. Kondisinya sangat menghawatirkan sekali pada saat di lewati, dengan dibangunnya jembatan dan TPT diharap dapat bermanfaat oleh umum khususnya warga setempat,” imbuhnya.

Diakhir pernyataan serupa juga disampaikan oleh Ade warga setempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan keinginan warga selama ini untuk dibuatkan jembatan yang layak untuk dilintasi setidaknya dengan memberikan kemudahan akses warga dalam beraktivitas sehari-hari. ** (Git)