Desa Banggle Blitar Butuh Bantuan Mesin Pengolah Sampah

MEGAPOLITANPOS COM, Blitar-Serangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Blitar, pada Sabtu (11/09/21) Anggia Ermarini, anggota DPR RI selama sehari menyempatkan berkunjung ke desa Banggle, Kecamatan Kanigoro, untuk melihat dari dekat proses pengolahan sampah di desa Banggle.

Kepala Desa Banggle Drs. Nurhuda, dalam sambutan selamat datangnya memaparkan, kegiatan masyarakat desa Banggle diawali dengan mengkoordinir pembuatan bank sampah rumah tangga. Awalnya sampah sampah tersebut masih belum di olah, namun seiring dengan perkembangan waktu, kelompok masyarakat ini mendapat bimbingan dari Sidoarjo perihal pengolahan sampah secara maksimal.

Menurut Nurhuda, dari bekas bungkus jajan bisa dijadikan tas, sampah berbahan plastik juga didaur ulang dengan digiling, dan sampah sisa makanan, termasuk buah di fermentasi sebagai media larva lalat yang bisa untuk pakan ikan.

“Alhamdulillah Bu Anggi mendukung program kami terkait pengolahan sampah di desa Banggle, sampah merupakan permasalahan yang harus diselesaikan dan kami melaksanakan itu,” ungkapnya.

Dalam kunjungan sore itu pemerintahan desa Banggle dijanjikan untuk keperluan bang sampah di antaranya mesin pengolahan magot dan tahun depan juga di agendakan memberikan mesin pres, mesin insinator yang didahului mengirimkan proposal. “Itu sangat kami harapkan bantuan bantuan ini segera terealisasi sehingga pengolahan sampah lebih menambah nilai ekonomis,” harapnya.

Selain ke desa Banggle Anggia juga melakukan safari yayasan Al-Huda Kawedusan Ponggok ke desa Minggirsai Serah Terima bantuan kampung buah, penyerahan simbolis bantuan padat karya warung desa wisata papringan, memberi bantuan ikan hias kepada pokdakan Kabupaten Blitar dilanjutkan ke desa Tawangrejo Kecamatan Binangun. (za/mp)