Kebakaran Blok C2 Lapas Klas I Tangerang, 2 Napi WNA dan 1 Napiter Tewas

MEGAPOLITANPOS.COM, Tangerang – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyebut, ada 2 warga binaan atau narapidana (napi) warga negara asing (WNA) dan 1 napi kasus terorisme (napiter) dari 41 warga binaan atau narapidana (napi) yang tewas dalam musibah kebakaran di Blok C2 Lapas Klas I Tangerang.

“2 diantara korban meninggal merupakan warga negara Afrika Selatan dan Portugal. Selain itu seorang napiter,” sebut Yasonna saat meninjau lokasi kejadian, Rabu (08/09/2021).

Yasonna meminta jajarannya segera menangani kasus ini, terutama napi yang selamat dan mengalami trauma.

“Saya sudah minta secepatnya melakukan evakuasi dan fokus memberikan penanganan terbaik untuk memulihkan korban luka,” ujarnya.

Lebih lanjut Yasonna mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan aparat guna penyelidikan penyebab kebakaran. Selain itu, Kemenkumham juga berupaya mencari formulasi yang tepat mencegah hal fatal terjadi.

“Saya meninjau ke sini segera setelah menyelesaikan rapat yang sudah teragendakan jauh hari sebelumnya. Tapi saat rapat pun saya terus memantau perkembangan yang terjadi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Yasonna juga menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada para keluarga korban.

“Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini. Ini musibah yang memprihatinkan bagi kita semua,” ucap Yasonna.

Seperti dikabarkan, kebakaran di Blok C2 Lapas Klas I Tangerang terjadi pukul 01.45 WIB, dimana Blok tersebut dihuni sebanyak 122 napi. Api kebakaran itu dapat dipadamkan pada pukul 03:00 WIB.(Anton)