Polres Inisiasi Vaksinasi di Sekolah, Hari Pertama 233 Pelajar SMP 1 disuntik


MEGAPOLITANPOS.COM, PAGARALAM – Kepolisian Resort (Polres) Kota Pagar Alam Sumatera Selatan, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan mulai memberikan Vaksinasi Covid-19 kepada pelajar dilingkungan Kota Pagar Alam secara kolektif.

Hari pertama, sebanyak 233 pelajar SMP Negeri 1 Kota Pagar Alam menerima Vaksinasi Covid-19 dosis pertama oleh Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Pagar Alam diruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Rabu (8/9/21).

Kapolres Pagar Alam AKBP Arif Harsono melalui Kapolsek Pagar Alam Utara Iptu Hamdani yang memantau langsung kegiatan vaksinasi pelajar di SMP Negeri 1 menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait akan berusaha semaksimal mungkin agar target vaksinasi dikalangan pelajar khususnya, dapat dioptimalkan dalam waktu secepat mungkin. Hal ini penting, demi terlaksananya proses pembelajaran tatap muka yang aman, sesuai Prokes Covid-19.

“Untuk hari pertama ini, tim Dokkes Polres Pagar Alam yang dibantu jajaran Polsek Pagar Alam Utara telah menyuntikkan 233 dosis Vaksin Covid-19 kepada pelajar SMP N1 Pagar Alam dari 236 siswa yang terdaftar, tiga siswa ditunda karena alasan kesehatan. InsyaAllah ini dapat memperlancar proses pembelajaran tatap muka disini,” terang Hamdani.

Masih menurut Hamdani, pihak Polres sebelumnya sudah menggelar vaksinasi masal termasuk untuk kalangan pelajar dibeberapa tempat, salahsatunya di Mapolsek Pagar Alam Utara hari Sabtu (4/9/21) lalu. Menurut rekapitulasi data banyak pesertanya yang berusia pelajar.

Berikutnya, mereka telah menjadwalkan sekolah-sekolah lain untuk diberikan Vaksin Covid-19 kepada siswa-siswanya. Pada hari Kamis (8/9/21) giliran SMA Negeri 1 Pagar Alam yang akan didatangi.

” Jadwal selanjutnya, Kamis (8/9/21) kita akan mendatangi SMA N1 dan seterusnya,” jelas kapolsek.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN1 Pagar Alam Ahmad Rivai, sangat mengapresiasi dan menyambut gembira inisiatif pihak kepolisian memvaksin siswa-siswanya disekolah. Selain lebih mudah mengkoordinir, juga pihaknya tidak harus bersusah payah mendaftarkan siswanya ke fasilitas kesehatan (Faskes) diKota Pagar Alam.

” Kami sangat berterimakasih kepada Polres Pagar Alam, alhamdullilah sebagian siswa kami sudah mendapatkan Vaksin Covid-19, semoga ini menjadi awal yang baik bagi proses pembelajaran tatap muka disekolah kami, sekali lagi mewakili seluruh guru dan wali murid kami ucapkan terimakasih kepada bapak Kapolres AKBP Arif Harsono,” ujar Rivai.

Disinggung masih banyak siswa yang belum mendaftar untuk divaksin hari ini, Rivai mengatakan, memang pihaknya tidak memaksakan untuk dilakukan vaksin. Meskipun belum divaksin siswa masih boleh mengikuti proses pembelajaran tatap muka, namun alangkah baiknya jika orang tua murid membolehkan anaknya untuk divaksin.

“Kami tidak memaksakan, melainkan atas kesadaran sendiri. Namun alangkah baiknya kalau semua siswa khususnya SMPN1 sudah di Vaksin Covid-19 semua. Bagi yang belum, kami akan menjadwal ulang untuk pelaksanaan vaksinasi selanjutnya,” pungkas kepala sekolah (JF).