Bangunan di Perumahan Harus Sesuai Site Plan Awal

MEGAPOLITANPOS.COM, Kabupaten Tangerang – Pembangunan hunian di perumahan di Kabupaten Tangerang telah di atur dengan site plan, sesuai dengan pengajuan pengembang, yang sudah ditentukan site plannya, dan sudah tercatat di Tata Ruang Kabupaten Tangerang menurut aturan yang berlaku.

Menurut salah satu staf Dinas Tata Ruang Kabupaten Tangerang yang biasa dipanggil Dede, Kamis (26/08/2021) mengatakan, pada umumnya untuk Perumahan di Kutabumi Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, sesuai site plannya, pembangunannya tidak lebih dari 2 tingkat.

“Ya di Perumahan pada umumnya hanya boleh di bangun dua tingkat, itu sudah menjadi standar site plan, jika ada bangunan yang lebih dari dua tingkat, 3 sampai 4 tingkat itu sudah melanggar site plan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, jika ada bangunan rumah yang melebihi seperti itu pihak Dinas Tata Ruang tentunya bersama Satpol PP akan mendatangi bangunan tersebut dan akan menyetop pembangunannya.

Terpisah Kabid Pengak Perda (Kagda) Satpol PP Kabupaten Tangerang Sumartono menjelaskan, sampai saat ini belum ada informasi baik dari pihak Trantib Kecamatan Pasar Kemis, maupun dari pihak Dinas Tata Ruang bahwa ada pembangunan Perumahan yang melanggar site Plan, khususnya di perumahan Kutabaru.

“Kami dari Satpol PP saat ini masih konsen terhadap PPKM untuk memantau Prokes di Mall-Mall yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Laporan atau pengaduan dari warga masyarakat baik melalui LSM, Media, dan Intansi kami tampung, mengingat personil dari Satpol PP sendiri terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, kajian pembangunan tersebut adanya di Dinas Tata Ruang, jika itu melanggar tentunya sebagai penegak Perda dalam hal ini Satpol PP akan melakukan penegakan Ketertiban Umum.(Nan/Gus/Jhn)