Desa Banggle Kanigoro Menyiapkan Rumah Isolasi Terpusat kusus untuk Masyarakat yang Isoman.

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar– Untuk mendukung Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), serta memutus matarantai sebaran Covid 19 di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, Pemerintahan setempat telah menyiapkan sebuah gedung ex Badan Keswadayaan masyarakat (BKM) milik Desa Banggle dengan fasilitas lengkap dengan 17 tempat tidur.

Camat Kanigoro Aan Ernawanto Senin (23/08/21) kepada wartawan mengatakan Rumah Isolasi Terpusat merupakan tindak lanjut instruksi Presiden dan Pemkab Blitar yang diawali dengan louncing di Kantor Pemkab sebelumnya, Bupati menginstruksikan kepada semua Camat untuk menyiapkan rumah Isoter, untuk Kecamatan Kanigoro telah disiapkan tempat siap huni dan kegiatan dilaksanakan secara bergotong royong dari 10 desa dan 2 Kelurahan yang ada di Kecamatan Kanigoro, termasuk menyiapkan kebutuhan makan dan minum selama warga menjalani Isoter .

” Dengan kerjasama semua Kepala Desa dan Kepala Kelurahan bila ada warganya yang terkonfirmasi positif Covid 19 sedang yang menjalani isolasi mandiri wajib dibawa ke rumah Isoter,”kata Camat.

Dengan adanya fasilitas rumah Isoter diharapkan masyarakat akan semakin sadar untuk mendukung dan mematuhi program memutus sebaran Covid 19, agar wabah ini segera dapat diatasi dan tidak menyebar ke warga lainya, dengan Isoter warga bisa diawasi, mengingat Kecamatan Kanigoro termasuk rangking tertinggi kasus terkonfirmasi dan kasus kematian selama pandemi Covid 19.
“Kami berharap karena Kecamatan Kanigoro masuk jumlah terbanyak diantara 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar, dari 12 desa Kelurahan Kanigoro masuk zona merah dan 1 desa masuk zona hijau, yakni Desa Minggirsari, yang masuk zona hijau, dan diharap bisa bertahan sedangkan daerah yang lain yang masih zona merah grafiknya segera turun, dengan mematuhi protokol kesehatan ketat” lanjut Aan Ernawanto.

Dilain pihak Danramil Kanigoro Kapt.Infantri Ismail selaku ketua koordinator rumah Isoter Kanigoro mengatakan, pada dasarnya masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid 19 yang menjalani Isoman, yang bersangkutan wajib untuk menempati rumah Isolasi Terpusat di desa Banggle.

“Untuk warga yang terkonfirmasi positif wajib mengikuti Isolasi Terpusat, kita akan terus memantau setiap perkembangan di lapangan,di tempat ini akan melibatkan tenaga kesehatan yang ada, dibantu anggauta TNI dan Polri Koramil dan Polsek,kita berharap dukungan dan kerjasama yang baik dengan kepala desa dan Kelurahan termasuk lingkungan,” kata Ismail.

Kepala Desa Banggle Drs. Nurhuda sangat merespon dan mengapresiasi kekompakan gotong royong dari para Kepala Desa dan Kepala Kelurahan se Kecamatan Kanigoro, termasuk membantu menyiapkan konsumsi temasuk menyiapkan Rumah Isoter dari hari Jum’at lalu sampai sekarang.” Saya sampaiakan terima kasih dukungan semua rekan rekan Kades dan lainya mulai persiapan menyiapkan tempat tidur, dan sekarang rumah Isolasi Terpusat sudah bisa di gunakan dengan baik, dengan adanya rumah Isoter masyarakat terkonfirmasi agar tidak terjadi penularan secara masiv, di rumah Isoter mereka akan lebih terkontrol dan terawasi,” ungkapnya (za/mp)