Layanan Keliling Ini Sosialisasikan Program BP2MI dan Edukasi Masyarakat Soal Peluang Kerja di Luar Negeri

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta-Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) meluncurkan mobil layanan keliling yang akan menyosialisasikan program-program BP2MI kepada masyarakat, bertempat di Kantor Pusat BP2MI, Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (19/08/2021).

“Mobil (layanan keliling) ini turun ke kantong-kantong pekerja migran atau bahkan ke keramaian-keramaian di setiap kota,” kata Benny disela-sela peluncuran.

“Yakni untuk memperkenalkan BP2MI dan sosialisasi program-program BP2MI serta peluang-peluang kerja di luar negeri. Dan yang paling penting dari itu adalah kewajiban pemerintah akan memfasilitasi apapun yang dibutuhkan oleh pekerja migran,” paparnya.

Kehadiran mobil layanan keliling, lanjut Benny, juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar tidak tertipu oleh para calo untuk keberangkatan secara ilegal karena hal tersebut mengandung risiko.

Selain itu, layanan ini juga nantinya melayani terkait pengaduan pekerja migran.

“Nah ini tentunya sangat positif, karena pendekatan pelayanan, pelayanan didekatkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Demikian juga, Benny menambahkan, jika ada keluarga PMI melapor tentang kerabat mereka yang bekerja di luar negeri dan ingin segera pulang ke tanah air.

“Berbagai tindakan yang tidak menyenangkan, eksploitasi kekerasan, semua dilayani melalui mobile service ini,” cetusnya.

Dalam layanan keliling tersebut, BP2MI bekerjasama dengan Jaminan Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), BPJS Ketenagakerjaan dan mitra kerja lainnya.

Disampaikan Benny, untuk layanan keliling ini sementara BP2MI baru menyediakan satu mobil layanan.

“Ini baru satu (unit) mobil dan milik (BP2MI) Lampung. Dan ini kita jadikan ‘role model’,” tuntasnya.(Anton)

COMMENTS

Comments are closed.