Tim Pusterad Mabes TNI AD Lakukan Penilaian Binter Kodim 0506/Tgr

MEGAPOLITANPOSCOM, Kota Tangerang – Kodim 0506/Tgr menjadi salah satu Kodim yang di tunjuk Kodam Jaya/Jayakarta untuk mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat pusat.

Penilaian Binter di lakukan di wilayah Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr tepatnya di RW 15 Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang, Jum’at (13/08/2021).

Direktur Teritorial, Wakil Ketua Tim 1 tim penilai Kolonel Inf Ayub Akbar mengatakan, dalam kunjungan nya ke Kodim 0506/Tgr ini untuk melakukan penilaian lomba Binter tingkat pusat. Kodim 0506/Tgr ini merupakan Kodim yang disiapkan kodam Jaya/Jayakarta dalam rangka lomba antar Kodim-Kodim lain.

“Lomba Binter tingkat pusat ini, dilaksanakan dua tahun sekali. Dimana, masing-masing Kodam mempersiapkan Kodim untuk mengikuti perlombaan.

“Tentunya Kodim 0506/ini adalah satuan Komando Kewilayahan yang bisa di andalkan oleh Pemda setempat dalam membantu masyarakat di sekelilingnya,”paparnya.

Kegiatan di masa pandemi ini sebutnya, pimpinan TNI AD sangat berharap keberadaan satuan Korwil sebagai insan teritorial harus bisa membantu masyarakat.

“Pertama tentunya Kodim bekerjasama dengan Pemerintah maupun Polri untuk menekan seminimal mungkin terjadinya korban terpapar covid-19 dan menyadarkan masyarakat bahwa protokol Kesehatan menjadi kebutuhan hidup saat ini,”paparnya.

Menurutnya, seperti saat pandemi ini apa yang bisa dilakukan dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembinaan wilayahnya, ini dilakukan setiap tahun dan tidak boleh terputus.

“Penilaian ini untuk melihat secara langsung sejauh mana peran Babinsa dan Danramil dalam peran serta membangun masyarakat di Kampung mandiri di wilayah Kodim 0506/Tgr, Kampung mandiri masyarakat harus benar-benar mandiri tanpa bantuan Pemerintah melainkan hasil dari peran serta dari Babinsa di wilayah dan Danramil,” jelasnya.

Kolonel Inf Ayub Akbar juga berharap Kodim 0506/Tgr ini bisa menjadi contoh bagi Kodim lain dalam perannya di wilayah.

Sementara, Danramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr Kapten Inf Tarsan menerangkan hasil karya mandiri yang dilakukan Babinsa yaitu, usaha kecil menengah pembuatan mie, teh tarik, telur asin dan minuman jus buah.

Dalam kegiatan di hadiri, Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Bambang Herry Tugiyono, Camat Karang Tengah, Kapolsek Ciledug, Lurah Karang Tengah, Ketua RT dan RW serta penggiat UMKM di Koramil 04/Ciledug. Dalam kegiatan penilaian Binter juga Pusterad AD memberikan bantuan paket Sembako kepada warga yang kurang mampu.(nan/Red/MP).