Wawan Fauzi Camat Karawaci Donorkan Plasma 7 Kali Untuk Penderita Covid-19

MEGAPOLITANPOS.COM, Kota Tangerang– Wawan Fauzi camat Karawaci berhasil melakukan donor plasma sebanyak 7 kali, untuk didonorkan kepada penderita covid 19.

Megapolitanpos.com berhasil menemui Wawan Fauzi selaku camat Karawaci. Jumat, (06/08/2021) di kantor kecamatan karawaci Kota Tangerang.

Ia mengatakan, sejak di nyatakan sembuh covid-19 sudah 7 kali mendonorkan plasma.

“Kemarin di akhir tahun pernah terpapar covid-19, saya ada di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) kota Tangerang hampir 3 minggu. Itu sempat masuk ICU, nah di ICU sempat mendapatkan plasma convalescent. Dan kebetulan saya adalah pendonor aktif di PMI (Palang Merah Indonesia) kota Tangerang, jadi saya saat menerima plasma convalescent, saya berjanji kalo saya sembuh maka saya pun akan melakukan hal yang sama (mendonorkan plasma) itu adalah alasan saya melakukan donor plasma convalescent,” katanya Wawan.

Lanjut wawan, ia tidak peduli siapa yang akan menerima plasma convalescent dirinya.

“Karena prinsipnya, siapapun mereka, agama dan suku mereka, sepanjang ia membutuhkan kita harus ikhlas memberikannya. Jadi demi kemanusiaan untuk kemanusiaan,” lanjutnya.

Selain itu, Wawan Fauzi menjelaskan sebelum melakukan donor plasma convalescent dilakukan beberapa pengecekan.

“Sebelum donor, darah kita di cek dulu oleh PMI melalui lab nya. Kalo kita dinyatakan sehat, inter antibodi kita bagus baru kita donor. Tidak semua penyintas covid bisa donor, hanya mereka-mereka yang pernah covid dan antibodinya memenuhi syarat baru boleh donor,” jelasnya.

Wawan berharap tetap bisa melakukan donor plasma convalescent.

“Sepanjang antibodi masih bagus dan saya berharap saya masih bisa donor dan saya berpesan kepada masyarakat yang pernah jadi penyintas covid-19 dan menerima plasma convalescent. Saatnya hari ini kita melakukan hal yang sama untuk saudara-saudara kita yang masih terpapar covid-19. Dengan cara itu indonesia segera terbebas dari covid-19,” tutupnya.(AL)