Masih PPKM, 127 Kades Terpilih Se-Majalengka Dilantik Secara Virtual 23 Juli 2021

MEGAPOLITANPOS.COM Majalengka,-Pemerintah Kabupaten Majalengka akan melaksanakan pelantikan kepada calon Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak bulan Mei 2021 di 127 desa, direncanakan secara virtual pada esok hari. Jumat, (23/7)

Bupati Majalengka DR. H. Karna Sobahi, dalam keterangan persnya memastikan bahwa berlangsungnya pelantikan nanti akan dilaksanakan secara virtual.

“Mengingat kondisi masih berlanjut PPKM sampai dengan tanggal 25 Juli 2021, akibat jumlah kasus covid meningkat,” katanya saat melakukan Rakor Zoommeeting Pelaksanaan Pelantikan Kades dan Penyaluran Bansos. Rabu, (21/07/202).

Bupati menjelaskan, mekanisme pelantikan secara virtual yakni bagi kades terpilih akan mendapat undangan untuk dua orang saja.

“Hanya calon kepala desa dan pengantar, itu pun nanti pengantar tidak diperkenankan masuk ke ruangan prosesi pelantikan di masing masing kantor kecamatan setempat,” jelasnya.

Bupati menegaskan, kepada para kades yang akan di lantik tidak boleh membawa masa atau arak – arakan dan jangan melakukan syukuran yang akan menimbulkan kerumunan massa.

Secara bersamaan, Sekertaris Daerah H. Eman Suherman, MM menambahkan bahwa dipercepatnya pelaksanaan pelantikan tersebut dikarenakan dari waktu proses pemilihan hingga saat ini telah menunggu lama dan harus disegerakan dilaksanakan pelantikan.

“Tentunya desa mengalami kekosongan jabatan sedangkan pelaksanaan kegiatan di desa harus segera di laksanakan apalagi dengan penyaluran bansos harus mengetahui kepala desa definitif,” tambahnya.

Lanjutnya, bagi panitia di kecamatan nanti harus lebih ekstra ketat menerapkan protokol kesehatan. Bagi mereka yang membandel, tanggung jawab panitia dan harus diberikan sanksi tegas.

“Sebelumnya pelaksanaan peserta yang akan dilantik harus di swab antigen dan di dalam ruangan hanya camat, muspika dan rohaniwan,” tegas, sekda.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa ( DPMD) Hendra Krisniawan mengatakan bahwa dari 127 kepala desa yang akan dilantik nanti terdiri 125 hasil pemilihan kepala desa serentak dan 2 desa hasil pemilihan pergantian antar waktu yaitu Desa Cikalong di Kecamatan Sukahaji dan Desa Ganeas di Kecamatan Talaga.

Sedangkan calon kepala desa yang terpilih karena meninggal dunia sebelum dilantik menurutnya, sesuai Permendagri No. 66 tahun 2017 maka pilkadesnya batal dan diisi oleh Pejabat Kepala Desa ( Pjs) sampai pilkades yang akan datang.

“Seperti kepala desa di Desa Cengal dan Desa Margamukti, kades terpilihnya meninggal dunia dan di dua desa tersebut bakal di isi oleh Pjs dari unsur Pemerintah,” tutupnya. ** (Git)