Sinergitas TNI-POLRI Dalam Menghadiri Mediasi Permasalahan Warga di Wilayah Binaan

MEGAPOLITANPOS.COM, Warsa – Babinsa Posramil 1708-02/Bu-Warsa Sertu Gustaf Furay bersama Kapolsek Warsa Iptu Mulyani membantu mediasi permasalahan antar warga karena berselisih paham terkait permasalahan adat dari Sdr Melianus Krar kepada Sdr Subye Rumbino yang bertempat di Kampung Aman, Distrik Warsa, Kab. Biak numfor, Senin (19/07/2021).

Kegiatan mediasi tersebut dihadiri Kepala Kampung Aman Bapak Yosef Warer, Bapak Yanpit Pondayar selaku dewan pimpinan sidang adat dan keluarga kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

Babinsa Sertu Furay juga menghimbau kepada kedua belah pihak agar menyelesaikan permasalahan tersebut dengan musyawarah dan berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut, serta memberikan nasehat dan himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai dengan mematuhi norma-norma adat dan toleransi.

Kami Babinsa bersama Kapolsek hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya memberikan pesan atau himbauan kamtibmas, tetapi juga menjadi fasilisator dan mediator terhadap permasalahan warga. Ujarnya.

Kegiatan mediasi tersebut berakhir dengan penanda tanganan surat kesepakatan bersama antara kedua belah pihak yang berjanji untuk berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut, serta dilanjutkan juga dengan pembayaran denda adat berupa piring dan uang tunai”ucapnya”.

Selaku Kepala Kampung Aman Bapak Yosef Warer bersama kedua belah pihak juga tak lupa juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Babinsa dan Kapolsek, yang mana telah menghadiri mediasi tersebu, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar dari awal hingga selesainya mediasi ini.