Rekan Indonesia Masuki Gang Sempit, Beri Makan Siap Santap Untuk Warga DKI Yang Isoman Karena Covid 19

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA- Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia seakan tak pernah lelah dalam mendampingi warga yang mengalami masalah dalam bidang kesehatan. Sejak dirikan 2011 lalu, Rekan Indonesia selalu hadir ditengah warga yang menjadi korban kezhaliman birokrasi RS.

Dalam membantu warga, Rekan Indonesia tak pernah memandang bulu. Dari warga miskin, wartawan, mantan pejabat, sampai artis pun jika mengadu ke Rekan Indonesia selalu dibantu sampai tuntas dan hampir semua kendala dan permasalahan dapat diatasi oleh Rekan Indonesia.

Redaksi Megapolitanpos.com pun sering dibantu oleh Rekan Indonesia, dan hebatnya mereka tidak meminta imbalan sepersen pun untuk bantuan yang mereka berikan. Bahkan, untuk sekedar diajak makan pun mereka menolaknya.

Di tengah pandemi covid 19 yang terjadi di negara kita, kiprah Rekan Indonesia tidak pernah menurun bahkan semakin meninggi. Puluhan ribu masker sudah mereka bagikan ke warga bahkan sampai ke pelosok-pelosok desa, sosialisasi prokes menjadi aktivitas harian anggota Rekan Indonesia dimanapun mereka berada.

Seperti halnya kondisi saat ini ditengah lonjakan angka covid 19 di bulan Juni 2021 yang sampai saat ini tak kunjung reda. Rekan Indonesia langsung membuat posko Pantau Covid 19 yang berfungsi selama 24 Jam. Posko tersebut selain menghimpun situasi dan kondisi ledakan covid di daerah, juga menerima laporan warga yang membutuhkan ruang isolasi di fasilitas kesehatan, mencarikan ICU, membantu kebutuhan oksigen, serta membantu mencarikan makam untuk warga yang wafat karena covid 19 di RS.

Tercatat sampai tanggal 6 Juli 2021, sudah ada 1.352 warga yang lapor ke posko Pantau Covid 19 Rekan Indonesia. Rekan Indonesia juga membuka call center di 021-26961758, selain itu Rekan Indonesia juga membuka Donasi untuk mendukung kegiatan Pantau Covid 19 Rekan Indonesia melalui Rekening Bank DKI 11103081097 a.n Relawan Kesehatan Indonesia.

Selain itu Rekan Indonesia juga bergerak membantu warga yang kesulitan dalam hal makan selama mereka melakukan isolasi mandiri di rumah.

Selama isoman, mereka sama sekali tidak dapat beraktifitas untuk mmenuhi kebutuhan makan, beruntung bagi mereka yang memiliki tabungan dan uang lebih bisa melakukan pembilan makan secara online. Tapi untuk mereka yang bekerja harian, sudah dipastikan mereka tidak memiliki uang untuk membeli makan.

Berdasarkan kondisi tersebut, Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) untuk membantu warga yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan makan selama isolasi mandiri di rumah.

200 kotak makan siap santap telah didistribusikan kepada warga di kelurahan Cipinang Besar Selatan kemarin malam (6/7) oleh tim Pantau Covid 19 Rekan Indonesia.

“Ada 6 RW di Cipinang Besar Utara, dan 1 RW di Cililitan. Total seluruhnya 200 kotak. Dan ini akan bergulir sampai target 2000 kotak” ujar Syahrudin yang bisa dipanggil Udin, Pengurus Rekan Indonesia Jaktim kepada rekanindonesia.org.

Udin memaparkan ada 154 warga dari 6 RW di Kelurahan Cipinang Besar Selatan yaitu di RW 03, RW 09, RW 08, RW 13, RW 11, dan RW 14. Sementara di RW 06 Kelurahan Cililitan ada 42 Warga.

“Semoga peran kecil Rekan Indonesia ini dapat membantu sedikit meringankan kebutuhan makan kepada warga yang terpapar covid dan melakukan isolasi mandiri” kata Udin.