Jelang HUT Koperasi Nasional ke 74, Dekopinwil DKI Jakarta Ziarah ke Makam Bung Hatta Pendiri Koperasi Indonesia

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta-Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) DKI Jakarta melakukan ziarah ke makam pendiri Koperasi Bung Hatta, di Komplek Pemakaman TPU Tanah Kusir, Jakarta, Jum’at (02/07/2021).

Kegiatan ziarah itu dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Koperasi Nasional ke 74 tahun 2021.

“Ziarah ke makam Bung Hatta sudah rutin setiap tahun, ini merupakan sebuah penghormatan kepada Beliau (Bung Hatta) Pendiri Koperasi Indonesia,” kata Ketua Dekopinwil DKI Jakarta, Soeryo kepada wartawan seusai ziarah di lokasi pemakaman.

Menurut Soeryo, meski ditengah pandemi Covid-19 Dekopin terus menggelorakan Perkoperasian dgn mendorong “Digitalisasi Koperasi Menuju Koperasi Modern” karena banyak usaha baik besar menengah kecil mikro banyak yang berguguran.

“Pada saat ini menjadi sebuah momentum kebangkitan Ekonomi Koperasi dgn cara Digital tidak perlu tatap muka sudah mendapat barang yang diinginkan,” ujar Soeryo, yang juga sebagai Pendiri Koperasi Karyawan Bandes dan Koperasi Masyarakat Penerbangan Indonesia.

Dekopin Pimpinan Sri Untari ini ingin terus mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh Bung Hatta yaitu Koperasi Indonesia menjadi Kekuatan Ekonomi Nasional dan menjadi Sokoguru Perekonomian Indonesia.

Dalam kesempatan berbeda, Sri Edi Swasono mengapresiasi upaya panitia rangkaian acara penyambut HUT Koperasi Nasional ke 74 yang senantiasa mentaati protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah.

“Meminta agar Ziarah dengan upacara lengkap (HUT Koperasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Juli) nanti dilakukan pada lain kesempatan saja, setelah Covid mereda,” lugasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ziarah ke makam Bung Hatta tersebut, Ketua Panitia Dayan IP Raranta dan Jajaran Pengurus Pimpinan Parilurna Dekopin Pusat.

Sebelumnya pihak Panitia menyampaikan, acara yang semula direncanakan dengan menggelar acara formal dengan penghormatan militer ini disederhanakan karena diberlakukannya PPKM Covid 19. Keluarga Bung Hatta yang diwakili Prof Dr. Sri Edi Swasono memohon agar acara ditunda. Sehingga panitia hanya menyelenggarakan tabur bunga biasa di makam proklamator itu.(Anton)