Tangan Dingin Kades Membawa Kemajuan Desa Kedungbanteng Kabupaten Blitar

Ket. Poto : Kepala desa Kedungbanteng Marsait

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar-Sejalan dengan perkembangannya Desa Kedungbanteng Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar secara bertahap mulai mengejar ketertinggalan, baik dari segi pembangunan infrastrur, maupun peningkatan dalam sektor perekonomian, pertanian dan lain lain.

Secara Geografis Desa Kedungbanteng berbatasan sebelah Utara Desa Bendosari Kecamatan Kademangan Selatan Desa Sidomulyo Kecamatan Bakung Timur Desa Lorejo Kecamatan Bakung, Barat Desa Ngrejo Kecamatan Bakung. Desa Kedungbanteng terbagi atas 4 Dusun, adalah Krajan, Kedunggong, Dusun Banaran, dan Dusun dipimpin Kasun, sehingga sangat strategis dan dinamis untuk memaksimalkan fungsi pelayanan terhadap masyarakat di Desa Kedungbanteng, dari ke empat dusun tersebut terbagi menjadi 6 Rukun Warga (RW) dan 29 Rukun Tetangga (RT).

Desa Kedungbanteng memiliki lahan pertanian seluas 18,5 Ha, Tegal 873,4 Ha, Hutan rakyat 59,7 Ha yang masih dapat ditingkatkan produktivitasnya karena saat ini belum dikerjakan secara optimal. Selain itu ketersedian pakan ternak yang baik untuk mengembangkan peternakan seperti sapi, kambing dan ternak lain sebagai usaha sampingan masyarakat. Banyaknya sisa kotoran ternak sapi dan kambing, memungkinkan untuk dikembangkan usaha pembuatan pupuk organik. Adanya hasil panen padi, lombok, dan lainnya yang cukup yang melimpah dari hasil pengelolaan pertanian masyarakat, Desa Kedung Banteng dirasa mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini ditopang adanya gelontoran dana dari Pemeritah pusat yakni Program Dana Desa maupun Anggaran Dana Desa ( DD dan ADD ).

Inrastruktur jalan desa

Kepala Desa Kedung Banteng Marsait yang mempunyai tangan dingin dan kebijaksanaan memimpin dua periode benar-benar merombak sebuah tatatan Pemerintahan yang lebih maju, pebangunan infrastrutur jalan desa, saluran dan sarana irigasi membuat para pelaku ekonomi semakin berkembang.

Melalui Program Dana Desa tahun 2021 dimanfaatkan secara maksimal, pembangunan berkesinambungan.

Pembangunan desa Kedungbanteng terus digencarkan, membangun infrastruktur, yang semuanya didasari dari usulan perencanaan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Selanjutnya untuk pekerjaan proyek dilakukan oleh warga masyarakat desa setempat, dengan demikian tenaga kerja lokal berfungsi mengatasi pengangguran akibat dampak pandemic Covid 19.

Kepala Desa Kedungbanteng Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar, Marsait SP mengatakan program Dana Desa pada tahun anggaran tahun 2021 memang difokuskan pada peningkatan pembangunan infrastruktur desa. Ada pekerjaan yang sudah rampung diantaranya pembangunan jalan pekerjaan rabat beton yang terletak di Dusun Banaran RT. 02 RW. 03 Desa Kedungbanteng senilai Rp.73.797.100 volume panjang 112 meter, lebar 3,5 meter dengan tebal 16 cm.

“Alhamdulilah berkat kekompakan segenap lapisan masyarakat semua pekerjaan dari Dana Desa berjalan lancar hasilnya memuaskan, masyarakat bekerja menerima upah, mereka juga bisa menikmati hasil pekerjaan sesuai harapan bersama,” ujar Marsait .

Dengan model pemberdayaan masyarakat pembangunan, mulai dari perencanaan, penggunaan anggaran dilakukan transparan, untuk mendidik masyarakat jujur, contoh pejabat yang bersih sebagai publik figur.

“Ada pepatah gajah mati meninggalkan gading, macan mati meninggalkan belang,dalam masa bakti 2 periode ini, pembangunan desa Kedungbanteng bisa jadi prasasti, yang dapat diceritakan kepada anak cucu, Saya juga berharap kepada masyarakat Kedung Banteng, pebangunan tersebut dirawat agar berumur panjang,”pugkasnya.(za/mp)

COMMENTS

Leave a Comment